Tren Positif Berlanjut, Barito Sukses Hempaskan Sriwijaya FC

Pemain Barito Putera merayakan gol
Sumber :
  • Liga-Indonesia.id

VIVA.co.id – Barito Putera memperpanjang tren positif mereka usai mampu menang 2-0 atas tamunya, Sriwijaya FC (SFC) dalam laga pekan laga pekan ke-23 Liga 1, Minggu 10 September 2017. Duel di Stadion 17 Mei Banjarmasin ini juga berhasil mendongkrak posisi Laskar Antasari di klasemen sementara. 

Rahmad Darmawan Bersyukur Barito Putera Imbangi Persib Bandung

Skuat besutan Jacksen F Tiago yang tampil dengan motivasi besar melanjutkan tren positif mereka usai mampu menang tipis 1-0 di kandang Perseru Serui pekan lalu. Sementara itu, armada Laskar Wong Kito berupaya justru bangkit usai takluk memalukan 1-4 dari Persib Bandung di hadapan publlik Jaka Baring, Palembang.

Di awal laga, kedua tim langsung memaksimalkan dorongan bola dari lini tengah mereka kepada para penyerang. Pertarungan pun perlahan namun pasti kian sengit selepas menit 10.

Persib Bandung Ajukan Protes Resmi Terhadap Wasit Erfan Efendi

Sebuah peluang dari bola hasil tendangan bebas Matias Cordoba berhasil disontek oleh Hansamu Yama yang mendorong bola untuk bergulir membobol gawang SFC di menit 17. Barito pun unggul 1-0.

Tersengat dengan gol tim tuan rumah, SFC merespons dengan cepat. Dalam sebuah kemelut, peluang Laskar Wong Kito mampu dihalau Aditya Harlan yang sigap menepis bola tendangan voli Hilton Moreira menit 21.

Wasit Salah Kasih Kartu Merah, Begini Komentar Pelatih Persib Bandung

Dua menit kemudian, giliran agresivitas Beto Goncalves yang tak mampu menemui tepat sasaran meski pun telah berada tepat di depan gawang Barito.

Jual beli serangan pun berlanjut dengan menghasilkan sejumlah pelanggaran bagi kedua tim. Beberapa peluang sempat tercipta, namun semua masih gagal menghasilkan gol.

Berawal dari lemparan ke dalam Barito di sisi kiri pertahanan SFC, Douglas Packer mampu memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti dan berhasil membobol gawang Sandy Firmansyah pada injury time babak pertama. Barito menambah keunggulan, 2-0.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk kemanangan Barito bertahan mengantar kedua tim menuju ruang ganti.

Memasuki babak kedua, baik Barito maupun SFC sedikit merubah gaya permainannya. Meski demikian, tensi serangan kedua tim masih berjalan tak terlalu kencang.

Di menit 52, penyelamatan gemilang dilakukan oleh kiper Aditya Harlan yang mementahkan sepakan keras kaki kiri Hilton Moreira dan mencegah SFC mencetak gol balasannya.

Tak lama berselang, kiper SFC Sandy Firmansyah harus digantikan Teja Paku Alam mengalami benturan dengan Dandi Maulana saat menyambar kiriman bola Rizky Pora. 

Selepas itu, kedua tim melancarkan sejumlah pergantian pemain kunci mereka. Wasit Rully Ruslin Tambuntina di babak kedua juga harus mengeluarkan kartu kuning. 

Masuknya Anis Nabar menggantikan Hilton Moreira di menit 71, membuat serangan SFC makin bergelombang. Alhasil, sebuah peluang emas pun tercipta saat Anis Nabar lolos dari jebakan offside namun masih bisa diredam oleh Matias Cordoba.

Sebuah gol dari Paulo Sitanggang harus dianulir wasit ketika hakim garis telah mengangkat bendera offside di menit akhir pertandaingan. Dalam sisa waktu laga yang tersedia, kedua tim tetap gagal menciptakan gol di babak kedua dan skor akhir 2-0 bertahan hingga usai pertandingan.

Dengan hasil ini, Barito Putera untuk sementara mampu naik ke posisi 8 klasemen sementara Liga 1, sedangkan SFC kian terpaku di urutan 12. 

Susunan pemain:

Barito Putera: Aditya Harlan; Jeki Arisandi, Hansamu Yama, Aaron Evans, Nazar Nurzaidin, Douglas Packer (Paulo Sitanggang 77'), Matias Cordoba, Dandi Maulana, TA Musafri, Rizky Pora (Gavin Kwan Adsit 75'), Willian Lira (David Laly 87').

Sriwijaya FC: Sandy Firmansyah (Teja Paku Alam 57'), Dominggus Fakdawer, Indra Permana. Marckho Merauje, Tijani Belaid, Yoo Hyun-Koo, Muhammad Nur Iskandar, Manda Cingi, Hilton Moreira (Anis Nabar 71'), Alberto Goncalves.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya