Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:39 WIB
  • Tegas, Persipura Takkan Minta Jatah Masuk AFC Cup

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah
Tegas, Persipura Takkan Minta Jatah Masuk AFC Cup
Photo :
  • Liga-Indonesia.id
Pemain Persipura Jayapura, Imanuel Wanggai (kiri)

VIVA.co.id – Persipura Jayapura secara resmi memberikan pernyataan soal jatah masuk di kompetisi AFC Cup. Hal ini merujuk pada hasil yang diraih armada Mutiara Hitam itu di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu.

Jelang kompetisi Liga1 berakhir, kondisi antara klub dengan operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) malah memanas. 15 klub kontestan Liga 1 menuntut penjelasan beberapa aspek kompetisi kepada PT LIB, yang dianggap belum terealisasi.

15 klub bahkan mengancam jika PT LIB tidak mengambil tindakan terkait tuntutan ini, maka 15 klub akan mogok berkompetisi. Rumor bakal mogoknya 15 klub ini disikapi oleh manajemen Persipura.

Persipura melihat jika kompetisi mogok, maka secara otomatis jatah klub Liga 1 yang akan bermain di kompetisi AFC Cup akan diberikan kepada Persib Bandung dan Persipura. Hal ini merujuk kepada Persib sebagai juara ISL 2014, sedangkan Persipura sebagai runner-up.

Namun demikian, manajemen Persipura menegaskan akan menolak pemberian jatah tersebut andai diberikan. Manajemen Persipura akan menerima jatah tersebut, andai mampu mengakhiri musim di posisi 3 besar.

"Dalam beberapa hari terakhir kami mendengar adanya desas desus bahwa bila kompetisi terhenti di tengah jalan, maka yang akan menjadi wakil Indonesia untuk ajang AFC adalah Persib Bandung dan Persipura Jayapura," bunyi pernyataan Persipura, Bento Madubun, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 10 Oktober 2017.

"Untuk itu, berdasarkan rapat manajemen Persipura Jayapura kami sampaikan bahwa bila jatah itu kami dapatkan karena kami berada di peringkat 1, 2, atau 3 pada tahun 2017 ini maka itu menjadi hak kami sesuai aturan. Tapi, bila jatah itu karena kami adalah runner up 2014, lalu maka kami merasa tidak berhak untuk mendapatkan jatah itu," lanjut pernyataan Persipura.

Selain itu, Persipura  juga menegaskan jika sikap yang diambil soal jatah masuk ke AFC Cup, tak terpengaruh dengan keikutsertaan Persipura dalam kelompok 15 klub. Seperti yang diketahui, Persipura juga masuk kelompok 15 klub yang memberikan tuntutan kepada PT LIB.

"Kami pastikan akan kami tolak bila acuannya 2014. Karena, jatah 2014 sudah selesai. Bila ada yang menganggap kami inginkan jatah itu, itu tidak benar," lanjut pernyataan Persipura.

"Kami pastikan, kami ikuti aturan terkait itu, tapi untuk 2014 bagi kami sudah selesai. Bahkan, kami siap untuk buat pernyataan resmi secara tertulis, untuk menolak bila ada yang menduga kami ikut kumpulan 15 klub profesional adalah karena jatah itu. Itu terlalu murahan bagi kami," bunyi pernyataan Persipura.

Persipura saat ini berada di posisi ke-5 klasemen sementara Liga 1, dengan catatan 50 poin. Catatan ini terpaut dua poin dari Madura United di zona AFC Cup. (one)