Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 13:23 WIB
  • Lisensi Klub AFC, Cuma Persib dan Arema FC yang Lolos

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Lisensi Klub AFC, Cuma Persib dan Arema FC yang Lolos
Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Ilustrasi pertandingan Persib vs Arema.

VIVA – Proses verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC sudah dilakukan di Indonesia. Namun, cuma dua tim, dari 18 klub yang ada bisa memenuhi persyaratan.

Kedua klub tersebut adalah Persib Bandung dan Arema FC. Sedangkan tiga tim lain, yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta masih ditunggu kelengkapannya selama tiga bulan ke depan.
 
Lisensi klub AFC merupakan syarat utama bagi mereka yang ingin berkompetisi di Liga Champions Asia atau Piala AFC musim depan. Lima aspek yang mesti dipenuhi adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).
 
“Komite lisensi klub PSSI sudah menyelesaikan verifikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Kami berharap, klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga mereka bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia,” imbuhnya.
 
Untuk klub yang dinyatakan belum lolos verifikasi oleh Komite Lisensi PSSI, dipersilakan untuk mengajukan banding. Dan keputusan final akan didapat pada 31 Oktober 2017 mendatang.
 
Indonesia untuk musim depan mendapat jatah satu wakil di Liga Champions Asia, dan memulainya dari babak playoff. Sedangkan dua wakil lagi akan bermain di Piala AFC.

Sebelum Liga 1 dimulai, disepakati jatah untuk wakil Indonesia di sana diambil dari peringkat satu sampai tiga klasemen akhir. Namun, jika ada yang tidak lolos lisensi AFC, maka urutan yang di bawahnya akan jadi pengganti.
 
“Untuk pendaftaran kita masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kita akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” kata Tisha.