Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 17:20 WIB
  • Stadion Jadi Sedikit Ganjalan Persija Dapat Lisensi Klub AFC

  • Oleh
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Stadion Jadi Sedikit Ganjalan Persija Dapat Lisensi Klub AFC
Photo :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha
Koreografi apik para The Jakmania di Stadion Patriot Candrabhaga

VIVA – Persija Jakarta menjadi salah satu klub yang lengkap dalam proses verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC. Dari 18 klkub peserta Liga 1 hanya ada dua tim yang sudah memenuhi syarat secara lengkap. 

Dalam proses lisensi tersebut ada lima aspek yang harus dipenuhi. Kelima aspek tersebut adalah finansial, infrastruktur, legal, administrasi dan personel, serta sporting (pembinaan usia muda).

"Dari lima aspek tersebut, kemudian dibagi menjadi tiga A, B dan C. Kriteria A itu harus dipenuhi, B sangat direkomendasikan dan C pelengkap saja. Tidak ada masalah, namun jika ada lebih baik," kata Darwis Satsmoko, Club License Officer Persija Jakarta ketika dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 26 Oktober 2017. 

"Untuk kriteria A yang memiliki 33 item Persija telah dinyatakan lolos semua. Sedangkan B dari 8 Persija kurang tiga, dan C juga 8 dan telah terpenuhi semua," tambah Darwis. 

Menurut Darwis, tiga yang belum terpenuhi tersebut adalah infrastuktur dan soal keuangan. Darwis menuturkan, untuk soal infrastruktur Persija masih perlu membicarakan dengan pihak ketiga. 

Sedangkan soal keuangan, Persija masih perlu penjelasan lebih detail dari PSSI. Darwis mengaku sudah menyiapkan dokumen soal keuangan. 

"Soal infrastruktur misalnya menyangkut dengan Pemkot Bekasi. Sebab, Persija menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Di stadion sangat direkomendasikan untuk memiliki jalur khusus bagi kaum difabel," jelas Darwis. 

"Tentu saja kami harus berkoordinasi dengan Pemkot, sebab stadion tersebut milik mereka. Sedangkan soal keuangan kami harus menanyakan lebih detail lagi," kata Darwis.  

Darwis menjelaskan, sebenarnya untuk soal kriteria A yang berjumlah 33 dan harus wajib dipenuhi tersebut tim berjuluk Macan Kemayoran ini sudah lengkap. Artinya Persija sebenarnya sudah lolos, namun memang harus melengkapi. 

"Kami sebenarnya sudah lolos. Tapi kami kan ingin lolos dengan sempurna, sebab yang kriteria wajib kami sudah penuhi semua. PSSI memberikan waktu hingga 14 Januari 2018 agar yang belum terpenuhi, bisa dilengkapi," kata Darwis. (ase)