Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 20:12 WIB
  • PSSI Beberkan Alasan Bantu Naturalisasi Ilija Spasojevic

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles,
    • Pratama Yudha
PSSI Beberkan Alasan Bantu Naturalisasi Ilija Spasojevic
Photo :
  • Istimewa
Pemain Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya buka suara terkait upaya mereka membantu naturalisasi striker Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic. Mereka menegaskan cuma menjadi pihak yang memberi rekomendasi.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan proses naturalisasi Spaso tak perlu diperdebatkan. Karena pemain berusia 30 tahun tersebut sudah menetap selama lima tahun di Indonesia.

(Baca juga: Ambisi Eks Bomber Persib Usai Resmi Jadi WNI)

"Ini yang pertama yang harus dipahami bahwa setiap orang yang telah memenuhi syarat tertentu boleh mengajukan proses naturalisasi," kata Tisha.

"Di area PSSI, kami hanya memberikan rekomendasi, dalam artian ini adalah benar pemain yang bermain di Indonesia, berprofesi sebagai pesepakbola dalam jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan proses naturalisasi," jelasnya.

Spaso ingin beralih kewarganegaraan dikarenakan keluarganya. PSSI melihat hal itu sebagai alasan utama untuk membantunya.

Eks pemain Persib Bandung itu memiliki istri orang Indonesia. Dan kedua anaknya memilih untuk menjadi warga negara Indonesia.

(Baca juga: Kenapa Naturalisasi Spaso Berlangsung Kilat?)

"Keluarga juga menjadi pertimbangan kami untuk memberikan rekomendasi kepada Spaso karena dengan itu dia sudah termasuk separuh Indonesia," ujar Tisha.

Dia juga menegaskan, PSSI akan membantu siapa pun yang ingin mengajukan legalisasi. Asalkan, mereka adalah bagian dari sepakbola Indonesia. (ase)