Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 29 Oktober 2017 | 12:19 WIB
  • Utam Rusdiana, dari Akademi Hingga Isi Posisi Kurnia Meiga

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Lucky Aditya (Malang)
Utam Rusdiana, dari Akademi Hingga Isi Posisi Kurnia Meiga
Photo :
Utam Rusdiana

VIVA – Utam Rusdiana penjaga gawang Arema FC berusia 22 tahun kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur, mengawali karier bersama akademi Arema. Saat ini nama Utam menjadi idola publik Malang setelah dipercaya mengisi posisi Kurnia Meiga di bawah mistar Arema.

Utam bisa dianggap sebagai penerus Kurnia Meiga di Arema. Kurnia Meiga terpaksa lama menepi karena penyakit misterius yang menimpa. Utam kemudian dipercaya tampil di bawah gawang Arema. Penampilan Utam pun mulai menuai pujian. Namun ia diingatkan agar tidak jemawa.

"Utam jangan jemawa, dia semakin baik setiap pertandingan. Memang kiper harus dikasih jam terbang agar performanya semakin baik," kata pelatih kiper penjaga gawang Arema FC, Yanuar Hermansyah, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Menurut Yanuar Hermansyah, masih banyak yang diperbaiki oleh Utam Rusdiana. Seperti kekuatan dan kecepatan Utam. Namun di tengah kompetisi yang sudah berjalan, Yanuar mengaku tidak bisa memberi porsi latihan khusus karena bisa mengganggu konsentrasi Utam.

"Banyak yang perlu diperbaiki, kekuatan perlu diperbaiki. Tapi dalam kondisi seperti ini tidak bisa karena kompetisi sudah berjalan kalau saya fokuskan ke sana nanti malah kacau," ucap Yanuar Hermansyah.

Yanuar memuji keberanian Utam untuk berkomunikasi dengan barisan pertahanan tim yang dihuni banyak pemain senior seperti, Arthur Chuna, Johan Alfarizi dan Benny Wahyudi. Keberanian komunikasi membuat Utam disandingkan dengan penjaga gawang Arema, Kurnia Meiga.

"Utam berani berkomunikasi dengan senior-senior dia seperti Kurnia Meiga. Saya hanya kasih motivasi bahwa kesempatan tampil tidak datang dengan mudah selagi ini ada kesempatan bermain, Utam harus mampu menunjukkan kualitasnya" papar Yanuar.

Saat ini Arema FC sedang dalam persiapan menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, pada Minggu, 29 Oktober 2017. Utam diprediksi akan kembali menempati posisi utama di penjaga gawang Arema.

"Yang harus diatasi dari Persipura harus mewaspadai ketepatan mengambil keputusan saat berhadapan dengan pemain Persipura. Kalau soal tendangan jarak jauh saya yakin Utam bisa," kata Yanuar Hermansyah.