Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 29 Oktober 2017 | 20:42 WIB
  • Barito Putera Gagalkan Misi 3 Poin PSM Makassar

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Barito Putera Gagalkan Misi 3 Poin PSM Makassar
Photo :
  • Istimewa
Para pemain Barito Putera rayakan gol

VIVA – Duel seru antara tuan rumah Barito Putera dan PSM Makassar dalam pekan 32 Liga 1, harus berakhir tanpa pemenang. Bertarung di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, kedua tim harus puas bermain imbang 2-2, Minggu 29 Oktober 2017.

Sempat unggul dan dibalikkan menjadi tertinggal, Laskar Antasari enggan menyerah dan kembali menyamakan kembali imbang. Laga baru bergulir 3 menit, gesekan panas langsung terjadi antara Zulham Zamrun dan Douglas Packer yang tengah berebut penguasaan bola. 

Serangan agresif tuan rumah mampu kerap merepotkan PSM, terlebih lagi saat Cordoba meliuk-liuk di kotak penalti dan melepaskan tendangan yang dihalau Rivky menit 14.

PSM pun membalas tekanan tersebut dengan tendangan apik Willem Jan Pluim yang mengecoh bek Barito masih membentur mistar gawang Aditya Harlan.

Gol yang dinantikan Barito akhirnya tercipta dimenit 21 yang berawal dari akselerasi tajam Rizky Pora dengan mengirim umpan ke kotak penalti dan dieksekusi sempurna Dedy Hartono. Kubu tuan rumah pun unggul sementara 1-0.

Saat waktu telah menunjukan 45 menit berakhir di babak pertama, tim tamu sukses membungkam pendukung Barito saat Zulham Zamrun melepaskan sepakan first time ala "pisang ijo" yang deras melaju ke gawang Barito. PSM pun menyamakan skor 1-1.

Hingga peluit akhir babak pertama ditiupkan, skor 1-1 bertahan untuk kedua tim yang mengantarkan para pemain menuju turun minum.

Baru dua menit laga babak kedua bergulir, PSM berhasil membalikkan keadaan melalui gol apik Ferdinand Sinaga yang hampir sama dengan proses gol Zulham, dengan sentuhan first time.

Bola lambung yang mengarah ke kotak penalti Barito, langsung dieksekusi dengan tepat dn kencang Ferdinand. Meski sempat menynetuh tepisan Aditya Harlan, namun bola tetap bergulir ke dalam gawang dan membawa PSM untuk sementara unggul 2-1.

Melihat kondisi tersebut, Barito pun memilih mengganti Dedy Hartono dengan Gavin Kwan Adsit dimenit 66. Keputusan ini terbukti ampuh merubah keadaan.

10 menit berada di lapangan, Gavin Kwan sukses membawa Barito menyamakan skor menjadi 2-2. Berawal dari serangan terstruktur di sisi kiri, Gavin mampu membawa bola di depan kotak penalti untuk melepaskan tembakan dan membobol gawang Rivki Mokodompit.

Sayang, sampai berakhirnya laga tak ada kembali gol yang tercipta untuk kedua tim harus berbagi skor 2-2. Raihan satu poin cukup membuat PSM mampu menggeser Bhayangkara dari puncak klasemen, sedangkan Barito tetap bertahan di urutan 7. 

Susunan pemain:

Barito Putera: Aditya Harlan; Hansamu Yama, Aaron Michael Evans, Dedy Hartono (Gavin Kwan Adsit 66'), Muhammad Rifqi, Nazar Nurzaidin, Rizky Pora (TA Mushafri 90'), Douglas Ricardo Packer, Matias Jesus Cordoba, Willian Lira Sousa. 

PSM Makassar: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Wasyiat Hasbullah, Marc Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga (Tawainella 85'), M Rahmat (Ghozali Siregar 77').