Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 08:40 WIB
  • PSSI Tolak Banding Lisensi Tiga Klub

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada,
    • Yudhi Maulana
PSSI Tolak Banding Lisensi Tiga Klub
Photo :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha
Joko Driyono

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menolak banding tiga klub perihal lisensi AFC. Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Proses banding sudah dijalankan dan sidang banding sudah diputuskan, keputusannya adalah menolak upaya banding dari semua yang diajukan. Ini akan kami laporkan ke AFC karena dalam mekanisme lisensi ini PSSI tidak sendirian," kata Joko Driyono, ketika ditemui di Makostrad, Selasa 31 Oktober 2017.

"Menggunakan sistem yang ada di AFC oleh karenanya kita akan report dari mulai proses hingga posisi terakhir ke AFC," ujarnya menambahkan.

Keputusan ini tentu menjadi kabar mengejutkan sekaligus kerugian bagi tiga klub yang sebelumnya mengajukan banding. Mereka adalah Persipura Jayapura, Bhayangkara FC dan PSM Makassar.

Sebelumnya mereka mengajukan banding untuk mendapatkan lisensi demi bisa tampil di Piala Champions Asia atau AFC Cup. Padahal di kompetisi Liga 1, mereka menjadi klub yang layak diperhitungkan bersaing di Asia.

Keputusan ini ditanggapi oleh Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano. Meski kecewa, Benhur mengaku menerima keputusan tersebut. "Kami tidak bisa melengkapi yang disyaratkan, sedih namun inilah kenyataannya. Kami klub besar dan harus menerima keputusan tersebut," ujarnya.

Sampai saat ini dua klub yang menerima lisensi AFC, yaitu Arema FC dan Persib Bandung. Sedangkan tiga tim Liga 1, Persija Jakarta, Madura United dan Bali United mendapat lisensi namun dengan catatan. (mus)