Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 11:25 WIB
  • Pertama Kali dalam Empat Tahun, Persija Finis di Atas Persib

  • Oleh
    • Satria Permana
Pertama Kali dalam Empat Tahun, Persija Finis di Atas Persib
Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Para Pemain Persija Merayakan Gol ke Gawang Persib dalam lanjutan Liga 1

VIVA – Persija Jakarta dipastikan finis di atas Persib Bandung dalam kompetisi musim 2017. Ini adalah kali pertama, Persija finis di atas Persib dalam empat tahun terakhir.

Di Liga Super Indonesia musim 2013, Persija benar-benar terpuruk. Ketika itu, mereka kesulitan bersaing di papan atas.

Jangankan papan atas, Persija justru bekerja keras untuk bisa lolos dari jeratan degradasi. Hingga akhirnya, mereka berhasil melakukannya dengan finis di posisi 11.

Sedangkan, Persib mampu finis di atas Persija. Posisi mereka sangat jauh dari Persija, yaitu di peringkat empat.

Bergeser ke ISL musim 2014, yang menggunakan format wilayah karena sedang melakoni proses unifikasi kompetisi. Persija kembali finis di bawah Persib.

Ketika itu, Maung Bandung finis di peringkat kedua wilayah barat. Sedangkan, Persija di posisi lima. Persib lolos ke babak 8 besar, hingga akhirnya mereka masuk final.

Yang telak, Persib berhasil mengangkat trofi ISL 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang jadi kandang Persija, usai mengalahkan Persipura.

ISL musim 2015 memang hanya berlangsung sebentar. Tapi, Persib mampu finis di atas Persija dengan koleksi enam poin karena menang di dua laga.

Bergeser ke ajang Indonesia Soccer Championship 2016. Persija lagi-lagi finis di bawah Persib. Macan Kemayoran menempati posisi 14 klasemen akhir dan Persib ada di peringkat 5.

Kondisi Berubah

Kondisi berubah pada Liga 1 musim 2017. Persija tampil lebih ciamik dari Persib. Uniknya, materi tim yang dimiliki Persib terbilang unggul atas Persija.

Bagaimana tidak, di Liga 1 musim 2017, Persib diperkuat pemain sekelas Michael Essien, Raphael Maitimo, hingga Shohei Matsunaga. Hanya saja, permainan mereka tak terorganisir dengan rapi. Justru, Persija yang mampu tampil kompak dan efektif.

Hingga pekan 33, Persija ada di posisi enam klasemen sementara. Perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar Persib. Gambarannya, Persija saat ini sudah mengoleksi 55 poin dengan menyisakan dua pertandingan. Sementara, Persib ada di peringkat 11 dengan koleksi 41 poin dan menyisakan tiga laga.

Artinya, poin maksimal Persib hanya 50. Dan, jika Persija kalah di dua laga sisa, Persib pun tak bisa menyentuh Persija. (ren)

Lihat preview dan prediksi lengkap big match Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung dalam JELANG LAGA VIVA.co.id.