Wasit Shaun Evans Punya Kuasa Putuskan Persib Walk Out

Ilustrasi wasit asing di Liga 1.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus

VIVA – Kontroversi terjadi dalam pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat 3 November 2017. Laga pekan ke-33 Liga 1 itu berhenti pada menit 84.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Wasit Shaun Evans Robert yang memimpin pertandingan memutuskan mengakhirinya karena menganggap Persib enggan melanjutkan. Mereka menepi mengikuti instruksi manajer Persib, Umuh Muchtar.

(Baca juga: Video Momen Persib Cetak Gol ke Gawang Persija)

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Tanpa ragu Shaun meniupkan peluit panjang dan berjalan meninggalkan lapangan. Pemain Persija pun bersorak gembira karena mereka sedang dalam kondisi unggul 1-0.

Hasil pertandingan itu dikuatkan oleh laporan pertandingan yang dirilis PT Liga Indonesia Baru, yang menyatakan Persija menang. Gol dicetak Bruno Lopes pada menit ke-76 melalui titik putih.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Akan tetapi, sikap Shaun yang langsung memutuskan meniup peluit panjang jadi pertanyaan. Karena wasit asal Australia tersebut tak berkonsultasi terlebih dahulu dengan wasit ke-4.

"Itu haknya wasit tiup peluit, karena pemain (Persib) meninggalkan lapangan," ujar Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy kepada VIVA.co.id.

Terkait dengan status walk out atau terjemahan lain dari wasit, Tigor mengaku harus menunggu laporan. Dari sana baru pihaknya bisa memutuskan sanksi yang diberikan kepada Persib.

Jika merujuk pasal 13 regulasi Liga 1, andai ada tim yang walk out dipastikan bakal mendapat sanksi berat, yakni degradasi. Dan hal tersebut tak dibantah oleh Tigor.

(Baca juga: Walk Out, Persib Terancam Didegradasi dari Liga 1)

Pemain Persib menepi dari lapangan ketika Vladimir Vujovic diganjar kartu merah oleh wasit. Bek andalan Maung Bandung itu dianggap melakukan protes berlebihan.

Tak cuma momen itu yang dianggap merugikan Persib. Pada babak pertama, bola hasil tandukan Ezechiel N'Douassel yang telah melewati garis gawang juga tidak diakui sebagai gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya