Persib Bandung Menolak Ancaman Degradasi

Laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Persib Bandung kalah tipis 0-1 dari Persija Jakarta dalam laga pekan 33 Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Jumat 3 November 2017. Namun, laga tersebut hanya berlangsung selama 84 menit.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Wasit Shaun Evans Robert yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit panjang ketika melihat pemain Persib menepi ke bangku cadangan. Mereka memprotes kartu merah yang diberikan kepada Vladimir Vujovic.

(Baca juga: Persib Kalah, Umuh: Wasit Asing Lebih Buruk dari Lokal)

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Melihat kejadian tersebut, publik mempersepsikan Persib dianggap kalah karena walk out. Tetapi, Maung Bandung menolak disebut mundur dari pertandingan.

Manajer Persib, Umuh Muchtar yang terlihat memanggil pemain menepi mengaku tidak berniat untuk mundur. Mereka hanya berdiskusi menanggapi keputusan wasit.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

"Kami semua ingin melanjutkan pertandingan. Tadi sebenarnya saya hanya ingin kita berunding dulu, saya kumpulkan semua pemain dan pelatih," ujar Umuh, dikutip dari laman resmi Persib.

Pria yang akrab disapa Wak Haji itu justru mengaku terkejut dengan keputusan Shaun meniup peluit panjang. Hal senada juga diungkapkan oleh bek Persib, Achmad Jufriyanto.

Menurutnya, wasit asal Australia itu terlalu tergesa-gesa mengambil keputusan. Seharusnya dia menunggu terlebih dahulu dan menjalin komunikasi sebelum mengakhiri pertandingan.

"Kita membandingkan dengan apa yang dialami Mitra Kukar di putaran pertama lalu. Di sana harus tunggu sampai 2x15 menit. Tentu kita sangat kecewa," katanya.

(Baca juga: Wasit Shaun Evans Punya Kuasa Putuskan Persib Walk Out)

Nasib Persib saat ini sedang menggantung. Mereka masih harus menunggu laporan pertandingan ke PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi mengenai alasan Shaun memutuskan sikap.

Andai dalam keterangannya Shaun menganggap Persib walk out, sanksi berat menanti. Dalam pasal 13 regulasi Liga 1, tim yang mundur dari pertandingan akan dijatuhi sanksi degradasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya