Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 19:39 WIB
  • Jelang Semifinal Liga 2, Ridwan Kamil Jamin Kenyamanan Bonek

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah
Jelang Semifinal Liga 2, Ridwan Kamil Jamin Kenyamanan Bonek
Photo :
  • Twitter/@officiapvpc
Suporter Persebaya Surabaya, Bonek

VIVA – Liga 2 sudah memasuki babak semifinal. Empat tim kontestan akan saling jegal untuk menjadi yang terbaik di kompetisi sepakbola kasta kedua Indonesia itu. Babak semifinal dan final Liga 2 akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, mulai 25-28 November 2017.

Empat tim yang berhasil menembus babak 4 besar Liga 2 adalah Martapura FC, PSIS Semarang, PSMS Medan, dan Persebaya Surabaya. Dari empat nama tersebut, Persebaya jelas jadi tim yang memiliki basis massa suporter paling masif.

Jelang laga semifinal dan final Liga 2, kota Bandung yang akan jadi tuan rumah jelas harus bersiap. Terutama untuk menyambut kedatangan ribuan suporter Persebaya, Bondo Nekat alias Bonek. 

Seperti yang diketahui, fanatisme Bonek biasanya berlebihan dan menimbulkan banyak insiden. Namun demikian, Bandung justru disiapkan untuk membuat Bonek nyaman menyaksikan tim kesayangannya.

Siap membuat Bonek nyaman di Bandung, dikatakan langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menegaskan akan menyambut baik Bonek di kotanya. Emil siap memfasilitasi Bonek dari mulai tempat menginap hingga makanan.

"(Soal kedatangan Bonek ke Bandung) Begini, silakan datang saja, tapi jangan mengganggu ketertiban. Tempat sudah difasilitasi semuanya, bisa tidur di stadion saya (GBLA). Kalau kurang makan, koordinatornya (Bonek) bisa colek saya di media sosial," kata Emil saat berkunjung ke kantor VIVA, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis 23 November 2017.

Namun begitu, Emil menegaskan sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas oknum suporter yang berbuat onar. Emil tahu jika hubungan Bonek dan Bobotoh (suporter Persib Bandung) sangat baik. Oleh sebab itu, Emil meminta Bonek untuk bisa menjaga ketertiban di Bandung.

Soal pengamanan, Emil mengaku sudah berkoordinasi dengan wilayah (tingkat kelurahan dan kecamatan) untuk memantau kondisi suporter.

"Tapi, kalau sudah kriminal, saya sudah perintahkan kepada polisi menangkap. Jadi Bonek dan Bobotoh ini kan bersaudara, jadi tolong jaga kota masing-masing lah. Pengamanan masih berbasis wilayah saja. Jadi nanti saya terima laporan dari Lurah dan Camat, kalau ada hal-hal negatif saya akan ambil tindakan," ujarnya.

"Tapi intinya, kami ingin memfasilitasi Bonek biar nyaman. Tapi, syaratnya satu, jangan ganggu warga kami," ucap Emil. (one)