Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 10:53 WIB
  • Mario Gomez, Pelatih Anyar Persib yang Sukses di Malaysia

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Mario Gomez, Pelatih Anyar Persib yang Sukses di Malaysia
Photo :
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

VIVA – Persib Bandung resmi memiliki pelatih anyar guna menatap kompetisi musim 2018 mendatang. Adalah sosok Roberto Carlos Mario Gomez yang ditunjuk menukangi Skuat Maung Bandung menggantikan juru taktik sebelumnya, Emral Abus.

Pria 60 tahun berkebangsaan Argentina tersebut namanya memang belum begitu familiar untuk publik sepakbola Tanah Air. Meski demikian, kiprahnya dalam menangani sebuah klub cukup memiliki riwayat panjang.

Karier sebagai pemain dirintisnya di klub Ferro Carril Oeste yang bermarkas di ibu kota Argentina, Buenos Aires, sebagai seorang bek.

Sayang, kiprahnya sebagai pemain di tim tersebut hanya berlangsung dari 1980-1987 dengan mengemas 135 penampilan dan koleksi 3 gol.

10 tahun berselang, tepatnya pada 1997, Gomez memulai babak baru dalam dunia si kulit bundar yakni berperan menjadi pelatih. Dan klub pertama yang menggunakan jasanya adalah tim rival sekota dari Ferro Carril Oeste yakni Atletico Lanus.

2 musim di Lanus, Gomez lalu hijrah ke klub Spanyol, Mallorca. Namun, jauh setelah itu, sosoknya pun mulai merambah sepakbola Asia sejak musim 2014/15 saat melatih klub Hong Kong, South China, terhitung sejak 15 Desember 2014 hingga 30 April 2015.

Tak lama berselang, Gomez langsung memilih jadi pelatih klub Malaysia Super League, Johor Darul Ta'zim Football Club, sejak April 2015 sampai Januari 2017.

Hasilnya, Johor mampu menjuarai Malaysia Super League 2015 dan meloloskan tim ini ke babak final Piala AFC serta dianugerahi gelar pelatih terbaik di Malaysia, juga di tahun yang sama. (one)