Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 18:48 WIB
  • Cuaca Ekstrem, Tribun Penonton Stadion Barombong Roboh

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Yasir (Makassar)
Cuaca Ekstrem, Tribun Penonton Stadion Barombong Roboh
Photo :
  • VIVA.co.id/Yasir (Makassar)
Cuaca ekstrim, tribun penonton Stadion Barombong roboh

VIVA – Konstruksi pembangunan Stadion Barombong di Kota Makassar terhambat akibat robohnya tribun penonton pada Sabtu kemarin, 2 Desember 2017. Diduga, robohnya tribun stadion bertaraf internasional tersebut akibat cuaca buruk. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan Sri Endang Sukaersih mengungkapkan, bangunan yang ambruk itu ada di tribun selatan stadion. Tribun roboh setelah dilakukan pengecoran di lantai tiga. Beruntung tak ada korban dalam insiden ini.

"Yang roboh itu hanya satu segmen dengan panjang delapan meter, tapi memengaruhi segmen sebelahnya," ucap Sri Endang saat dikonfirmasi, Minggu, 3 Desember 2017.

Menurut Sri, penyebab robohnya bangunan tersebut diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir di Makassar. Sehingga, kata dia, tiang gedung yang dipenuhi air hujan tak mampu menahan material pada pengecoran.

"Saya sudah perintahkan untuk membersihkan dan perbaiki kembali serta tetap diawasi tim pengawas. Saya selaku penguasa anggaran sudah meminta semuanya diganti. Sebenarnya tidak roboh semuanya," ucapnya. 

Stadion yang dibangun pada 2011 itu rencana ditargetkan rampung dan akan diresmikan tahun 2018 mendatang ini sudah menelan dana ratusan miliar rupiah. Pemerintah Sulawesi Selatan mendapat kucuran dana dari APBN sebesar Rp14,5 miliar pada 2011.

Kemudian, tahun 2012, pemerintah pusat kembali menggelontorkan dana Rp10,5 miliar untuk lintasan, penimbunan, dan penanaman rumput. Pada 2013, pemerintah Sulawesi Selatan menganggarkan Rp3 miliar dari APBD untuk desain dan aksesori lapangan. Lalu kembali dianggarkan di APBD sebanyak Rp20 miliar dan APBN Rp17 miliar untuk pengerjaan tribun bagian timur.

Selanjutnya, sebanyak Rp20 miliar digelontorkan pemerintah Sulawesi Selatan pada 2015, dan pada 2016 dikucurkan lagi Rp17 miliar. Terakhir, pada 2017 pemerintah kembali menganggarkan Rp95 miliar dari APBD 2017. Dengan anggaran tersebut, pemerintah Sulawesi Selatan menargetkan pembangunan stadion rampung hingga 80 persen pada 2017 dan 100 persen pada 2018. Total dana untuk pembangunan stadion di Makassar ini sekira Rp330 miliar. (ase)