Banjir Pemain Asing, Sriwijaya FC Niat Lakukan Naturalisasi

Striker Sriwijaya FC, Alberto Goncalves
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sriwijaya FC menjadi salah satu tim yang sangat serius menatap kompetisi Liga 1 musim depan. Itu terlihat dari pergerakan mereka di bursa transfer terkini.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Sejauh ini, mereka telah mendatangkan sembilan pemain baru. Dan pekan depan, rencananya akan ada dua pemain asing lagi yang merapat.

(Baca juga: Sriwijaya FC Bersiap Kedatangan 2 Pemain Asing Anyar)

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Menyoal pemain asing, hingga saat ini memang masih belum jelas berapa kuota pemain asing yang akan dipergunakan di kompetisi mendatang. Tapi, jika merujuk pada kompetisi musim lalu, hanya ada empat pemain asing yang diperbolehkan di dalam satu tim.

Saat ini, mereka sudah memiliki Yoo Hyun Koo, Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra, dan Makan Konate. Dan rencananya akan dua legiun asing lagi yang datang, yakni Mahamadou N’Diaye (Mali) dan Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan).

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Dengan kondisi tersebut, total pemain asing yang dimiliki oleh Sriwijaya FC menjadi enam orang. Bakal jadi masalah jika kelak, regulasi Liga 1 2018 ditetapkan sama seperti musim sebelumnya.

Untuk itu, tim berjuluk Laskar Wong Kito telah memiliki cara untuk mengakali peraturan tersebut. Mereka berencana melakukan naturalisasi kepada Beto dan Vizcarra.

"Pemain asing yang lama tetap gabung dengan kita. Beto dan Vizcarra sedang kita usahakan naturalisasi untuk mengurangi kuota pemain asing. Kelengkapan dokumen mereka juga sudah memenuhi syarat," kata manajer Sriwijaya, Ucok Hidayat, kepada VIVA.

(Baca juga: Rahmad Darmawan Absen Dilatihan Perdana Sriwijaya FC)

Vizcarra dan Beto terbuka peluangnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Karena keduanya sudah lama berada di Tanah Air, dan memiliki Istri orang asli Indonesia.

Andai pun tidak bisa melakukan naturalisasi, Ucok mengatakan pihaknya akan coba meminjamkan ke klub lain. Tapi tentu semua itu akan jadi hak pelatih Rahmad Darmawan untuk menentukan.

"Tapi kami tak menutup peluang kalau ada klub yang ingin meminjam pemain kami. Semua keputusan kami percayakan kepada pelatih," jelasnya.

Liga 2 sudah selesai beberapa pekan lalu. Pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan PSMS Medan berlangsung sengit. Lihat keseruannya dalam Matchday Vlog VIVAbola.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya