5 Fakta Menarik Jelang Duel MU Vs Southampton di Final Piala

Pertandingan Manchester United komtra Southampton
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA.co.id – Wembley akan jadi tempat dihelatnya duel Manchester United melawan Southampton, dalam laga final Piala Liga Inggris 2016/2017. Armada Setan Merah akan berhadapan dengan tim kuda hitam yang dinahkodai Claude Puel, Minggu 26 Februari 2017 WIB.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Ajang Piala Liga Inggris bisa jadi pencapaian kedua Jose Mourinho bersama MU, setelah trofi Community Shield awal musim ini. Khusus untuk Mourinho, manajer asal Portugal ini sebelumnya pernah tiga kali mengecap sukses di ajang ini, saat masih menangani Chelsea. Mourinho sukses menyabet gelar Piala Liga Bersama The Blues tahun 2005, 2007, dan 2015.

Sementara itu, Southampton memang belum pernah merasakan gelar juara Piala Liga Inggris. Pencapaian terbaik The Saint di ajang ini adalah menjadi runner-up di tahun 1979. Kala itu, Southampton kalah 2-3 dari Nottingham Forest.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Pertandingan nanti adalah pertemuan kedua MU kontra Southampton di partai puncak kompetisi domestik. Terakhir kali MU jumpa dengan Southampton adalah di laga final Piala FA 20176. Saat itu, MU takluk 0-1 dari Southampton lewat gol tunggal Bobby Stokes.

Menurut data Soccerway, MU hanya sedikit unggul dari Southampton dalam lima pertemuan terakhir. MU berhasil memetik tiga kemenangan dan dua kekalahan, semuanya terjadi di ajang Premier League.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Dilansir BBC, berikut fakta menarik jelang duel MU kontra Southampton:

- Pertandingan ini adalah kedua kalinya MU dan Southampton saling berhadapan di laga final kompetisi. Terakhir kali keduanya bertemu di partai fial Piala FA 1976. Saat itu The Saint sukses mengalahkan MU 1-0 lewat gol Bobby Stokes.

- Laga ini adalah final ke-9 bagi MU di ajang Piala Liga Inggris. MU sukses memenangkan empat Piala Liga Inggris (1991/1992, 2005/2006, 2008/2009, dan 2009/2010). Sementara itu, Southampton belum pernah mengecap gelar juara di ajang ini. Satu-satunya pencapaian tertinggi Southampton di ajang ini adalah runner-up 1979.

- Jose Mourinho sukses meraih tiga gelar Piala Liga Inggris, saat masih menangani Chelsea. Mourinho memenangkan gelar Piala Liga Inggris tahun 2005, 2007, dan 2015.

- Catatan sembilan kali menembus final Piala Liga Inggris MU, kalah dari pencapaian Liverpool yang sukses 12 kali menembus partai final. 

- Hanya Brian Clough (eks manajer Derby County dan Nottingham Forest) dan manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson, yang memenangkan gelar lebih banyak dari Mourinho. Clough dan Ferguson sukses meraih empat gelar Piala Liga Inggris. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya