Fakta Menarik Arsenal Vs Chelsea di Final Piala FA

Pertandingan Chelsea kontra Arsenal di ajang Premier League
Sumber :
  • Reuters / Hannah McKay Livepic

VIVA.co.id – Arsenal dan Chelsea akan bertemu dalam laga final Piala FA, akhir pekan ini. Keduanya merupakan klub paling sering menjadi juara kompetisi ini sejak era Premier League digelar.

7 Pertandingan Terakhir Premier League: Man City, Arsenal atau Liverpool yang Juara?

Dilansir Skysport, Arsenal tujuh kali juara dan Chelsea enam kali. Bila menang, Chelsea menyamai rekor klub yang dilatih Arsene Wenger itu.

Meski kedua klub itu paling sering menjadi juara, tetapi mereka jarang bertemu di laga final Piala FA sejak 1993. Arsenal dan Chelsea hanya sekali bertemu di laga final pada 2002 di mana Arsenal pulang membawa trofi.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Arsenal hanya sekali kalah di laga final Piala FA, yakni takluk dari Liverpool pada 2001. Sedangkan Chelsea dua kali kalah, yakni dari MU pada 1994 dan dari Arsenal pada 2002.

Lantas, bagaimana pertemuan mereka kali ini? Musim ini, Chelsea di bawah asuhan Antonio Conte menjelma jadi kekuatan dahsyat dan terbukti berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Inggris. 

Arsenal Terancam Kehilangan Sang Wonderkid

Sementara itu, Arsenal terlempar dari posisi langganan di empat besar. Skuat The Gunners yang langganan Liga Champions harus absen musim depan dan berlaga di Liga Europa yang merupakan kasta kedua.

Namun demikian, manajer Chelsea, Antonio Conte, justru melihat posisi Arsenal itu membuatnya lebih berpeluang menang. Sebab, itu satu-satunya kesempatan mendapatkan hiburan setelah terlempar dari empat besar Liga Inggris dan absen di Liga Champions. 

"Saya tidak bicara taktik, saya bicara tentang motivasi," kata Conte. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya