Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 11:42 WIB
  • Alasan Guardiola Harus 'Berguru' ke Mourinho dan Mancini

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Alasan Guardiola Harus 'Berguru' ke Mourinho dan Mancini
Photo :
  • REUTERS/Andrew Yates
Bintang Manchester City merayakan gol

VIVA – Ketangguhan armada Manchester City hingga matchday ke-9 Premier League musim ini seolah memberikan torehan apik tersendiri bagi sang manajer, Pep Guardiola. Belum terkalahkan dan mengemas 25 poin, menjadikan kiprah Guardiola di musim keduanya di The Citizens menyamai rekor milik pendahulunya, Roberto Mancini.

Mancini yang sukses mempersembahkan gelar EPL musim 2011/12 rupanya punya koleksi poin yang kini mampu disamakan oleh raihan Guardiola musim ini. Meski memiliki torehan jumlah poin yang sama, jumlah selisih gol Guardiola dengan 28 mampu melampaui koleksi Mancini yang hanya 26.

Sayang, secara umum statistik keduanya belum bisa menyaingi rekor Jose Mourinho bersama Chelsea pada 2005/06 yang mengumpulkan poin sempurna 27 dari 9 laga awal.

Kiprah apik Mourinho itu pun berujung dengan raihan trofi Premier League bagi The Blues di akhir musim, seperti yang dilansir situs resmi Premier League.

Kini, Guardiola pun seperti telah berada dalam jalur yang benar untuk bisa meniru jejak Mancini dan Mourinho yang memetik buah manis kiprah apik sepanjang musim dengan merengkuh gelar juara.

City pun dituntut untuk bisa kembali menang dalam laga tandangnya ke markas West Bromwich Albion akhir pekan ini untuk melanjutkan tren positifnya.

Rekor terbaik tim Premier League hingga pekan ke-9:

Musim      Klub           Main    Gol     Kebobolan   Selisih     Poin      Posisi akhir
2005/06    Chelsea        9        23             3                20             27            Juara
2011/12    Man City       9        33             7                26             25            Juara
2017/18    Man City       9        32             4                28             25                ?