Lakukan Diving, Hukuman Berat Menanti Gabriel Jesus

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus (kanan)
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Mantan wasit Premier League, Mark Clattenburg, sangat yakin jika Gabriel Jesus akan menghadapi hukuman larangan bertanding sebanyak dua laga usai tertangkap kamera melakukan usaha diving di derby Manchester.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Insiden itu terjadi di babak pertama. Jesus yang sedang membawa bola di dalam kotak penalti mendapat gangguan kecil dari Chris Smalling.

Jesus pun memanfaatkan momen itu untuk menjatuhkan diri agar mendapat hadiah penalti dari wasit. Namun, wasit Michael Oliver yang sedang bertugas mengabaikan usaha sang pemain dan tetap melanjutkan pertandingan.

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Clattenburg menilai sudah seharusnya pemain asal Brasil itu dihukum oleh FA. Sebab, sejak awal musim ini FA sudah mengimplementasikan peraturan baru soal hukuman pemain yang melakukan diving.

Tapi, peraturan ini bisa dijalankan jika wasit memberikan penalti atau karena sang lawan yang diberikan hukuman kartu. Nantinya, pesepakbola yang bersangkutan akan dinilai oleh tiga orang yang bertugas mengulas jalannya pertandingan.

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Jika dinilai bersalah, sang pemain akan mendapatkan hukuman larangan bertanding.

Dalam kasus ini, Jesus memang tak mendapat penalti atau Smalling diberikan kartu oleh wasit. Meski begitu, pria asal Inggris itu tetap merasa usaha diving Jesus harus diinvestigasi.

"Insiden di babak pertama sangat jelas usaha diving dari Gabriel Jesus. Saya pikir jika itu sudah terlihat oleh pihak Premier League dan sangat menarik menantikan kelanjutannya," kata Clattenburg dikutip Mirror.

"Akan ada perwakilan dari wasit, mantan pemain, dan mantan manajer yang akan menilainya. Tapi, ketiganya harus satu kata sebelum memberikan hukuman pada pemain yang bersangkutan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya