7 Fakta Menarik Kehidupan dan Karier Gemilang Andrea Pirlo

Eks gelandang Juventus, Andrea Pirlo
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna

VIVA – Gelandang veteran Italia, Andrea Pirlo resmi gantung sepatu. Pemain berusia 38 tahun itu akhirnya memutuskan pensiun, setelah 22 tahun berkarier.
 
Pengumuman ini disampaikannya sehari, setelah melakoni laga pamungkas bersama New York FC di MLS (Major League Soccer), Senin kemarin, 6 November 2017.

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini berbagai fakta menarik Pirlo. Baik di dalam maupun di luar lapangan:

Klub yang pernah dibela
Sepanjang kariernya, Pirlo pernah membela enam klub: Yaitu Brescia, Inter Milan, Reggina, AC Milan, Juventus, dan New York FC.

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

Trofi level klub
Pirlo meraih total 15 trofi di level klub: 6 Serie A, 2 Coppa Italia, 2 Piala Super Italia, 2 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub.

Trofi internasional
Di level internasional, Pirlo meraih dua trofi bergengsi bersama timnas Italia. Yaitu, Piala Eropa U-21 2000 dan Piala Dunia 2006.

Mario Balotelli Kalem Tanggapi Pemanggilan Timnas Italia

Banyak julukan
Terkait kemampuannya mengatur irama permainan, Pirlo memiliki banyak julukan. Seperti I'architetto, Il Professore, Maestro, Mozart, dan Il Metronome.

Keluarga mapan
Pirlo memiliki latar belakang keluarga yang mapan. Ayahnya seorang pendiri perusahaan logam di Brescia (Elg Steel). Pirlo sendiri memiliki saham di bisnis keluarga itu.

Pengusaha anggur
Selain sebagai pemain, Pirlo diketahui merupakan seorang pengusaha anggur. Dia memiliki kebun anggur yang memproduksi 15-20.000 ribu botol per tahun.

Mental juara
Pirlo dikenal memiliki mental stabil. Terlihat, ketika dia mengaku tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa jelang Italia berlaga di final Piala Dunia 2006 di Jerman. 

"Saya tidak merasakan tekanan. Saya menghabiskan siang di Berlin, dengan tidur dan main PS. Sorenya, saya bertanding dan kami juara Piala Dunia," katanya dilansir Goal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya