Del Piero Sebut Calciopoli Awal Keruntuhan Liga Italia

Alessandro Del Piero.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Mantan kapten Juventus, Alessandro Del Piero, buka suara soal efek dari Calciopoli bagi sepakbola Italia. Del Piero mengatakan Calciopolo bagaikan bom atom yang efeknya masih bisa dirasakan sepakbola Italia hingga saat ini. 

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

Juventus adalah tim yang harus turun ke Serie B karena peran mereka dalam skandal wasit 10 tahun lalu. Del Piero mengklaim, Calciopoli mengakibatkan sepakbola Italia runtuh, namun di saat bersamaan negara lain sepakbolanya berkembang.

"Ini bagaikan bom atom, sepakbola kami jatuh," kata Del Piero dikutip dari Football-Italia. 

Paul Pogba Umroh di Bulan Ramadhan, Netizen Salfok pada Sosok Ini

"Saya tidak hanya berbicara soal Juventus. Setelah itu sang juara hilang, dan negara-negara lain tumbuh," tambah Del Piero.

Menurut Del Piero, Premier League berkembang dengan luar biasa. Premier League memberikan kepada ahlinya soal pengelolaan sepakbola di Inggris.

Kisah Mualaf Paul Pogba, Menemukan Jati Diri dan Kedamaian dalam Islam

"Real Madrid dan Barcelona juga berkembang dengan perusahaan mereka masing-masing. Jerman telah menyelesaikan perkembangan sepakbola yang telah mereka mulai. Hal itu terlihat saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Bahkan investor besar telah mengubah klub Prancis, Paris Saint-Germain dan AS Monaco," jelas Del Piero. 

"Di sisi lain, Italia jatuh. Tapi Juventus telah bangkit dan Napoli telah memulai perjalanan penting mereka," kata Del Piero. (ase)

Sofyan Amrabat membela Manchester United

Tak Dipakai MU, Pemain Ini Malah Jadi Incaran Dua Raksasa Italia Juventus dan AC Milan

Manchester United kemungkinan besar tidak akan mengontrak Sofyan Amrabat musim panas ini setelah masa pinjamannya berakhir, tetapi beberapa raksasa Serie A telah menyatak

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024