Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 20:52 WIB
  • Del Piero Sebut Calciopoli Awal Keruntuhan Liga Italia

  • Oleh
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Del Piero Sebut Calciopoli Awal Keruntuhan Liga Italia
Photo :
  • REUTERS/Darren Staples
Alessandro Del Piero.

VIVA – Mantan kapten Juventus, Alessandro Del Piero, buka suara soal efek dari Calciopoli bagi sepakbola Italia. Del Piero mengatakan Calciopolo bagaikan bom atom yang efeknya masih bisa dirasakan sepakbola Italia hingga saat ini. 

Juventus adalah tim yang harus turun ke Serie B karena peran mereka dalam skandal wasit 10 tahun lalu. Del Piero mengklaim, Calciopoli mengakibatkan sepakbola Italia runtuh, namun di saat bersamaan negara lain sepakbolanya berkembang.

"Ini bagaikan bom atom, sepakbola kami jatuh," kata Del Piero dikutip dari Football-Italia. 

"Saya tidak hanya berbicara soal Juventus. Setelah itu sang juara hilang, dan negara-negara lain tumbuh," tambah Del Piero.

Menurut Del Piero, Premier League berkembang dengan luar biasa. Premier League memberikan kepada ahlinya soal pengelolaan sepakbola di Inggris.

"Real Madrid dan Barcelona juga berkembang dengan perusahaan mereka masing-masing. Jerman telah menyelesaikan perkembangan sepakbola yang telah mereka mulai. Hal itu terlihat saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Bahkan investor besar telah mengubah klub Prancis, Paris Saint-Germain dan AS Monaco," jelas Del Piero. 

"Di sisi lain, Italia jatuh. Tapi Juventus telah bangkit dan Napoli telah memulai perjalanan penting mereka," kata Del Piero. (ase)