Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 01:12 WIB
  • Gantikan Montella, Ini Catatan Buruk Gattuso Jadi Pelatih

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Gantikan Montella, Ini Catatan Buruk  Gattuso Jadi Pelatih
Photo :
  • Google Pictures
Pelatih anyar AC Milan, Gennaro Gattuso

VIVA -  AC Milan telah mendepak Vicenzo Montella dari jabatannya sebagai pelatih. I Rossoneri langsung menunjuk Gennaro Gattuso, yang memiliki rekam jejak kurang cemerlang sebagai pelatih.

Selama menangani Milan, Montella mencatatkan sebanyak 64 pertandingan. Dengan rincian 32 kali kemenangan, 14 hasil imbang, dan menelan 18 kekalahan.

Di musim ini, Milan masih menduduki posisi ketujuh klasemen sementara Serie A. Padahal, I Rossoneri sudah jor-joran dalam mendatangkan pemain di musim panas lalu.

AC Milan langsung menunjuk Gennaro Gattuso untuk menggantikan Vincenzo Montella. Rekam jejak Gattuso di kursi pelatih sebenarnya jauh dari cemerlang.

Tak butuh waktu lama bagi Milan untuk mendapatkan pelatih anyar, yakni Gattuso. Dia sebelumnya pernah menangani beberapa klub berbeda sebelum ditarik melatih Primavera Milan.

Namun, keputusan Milan mengontrak eks pemainnya hingga Juni 2019 sebagai pelatih cukup dipertanyakan. Sebab, Gattuso  nyaris selalu dipecat saat menjadi pelatih.

Seperti dilansir Football-Italia, Gattuso dipecat dari posisinya sebagai pelatih Sion. Klub yang terakhirnya sebagai pemain itu, Gattuso hanya jadi pelatih selama tiga bulan setelah dipecat pada 13 Mei 2013 usai klub asal Swiss itu kalah 0-5 dari FC St. Gallen.

Pada Juni 2014, Gattuso ditunjuk sebagai pelatih OFI Crete di Liga Yunani. Namun, perjalanan dari pemainb berjuluk Si Rino itu cuma sampai akhir Desember 2014.

Kabarnya Gattuso memutuskan mundur setelah klubnya mengalami masalah keuangan. Namun, prestasi timnya saat dilatih Gattuso juga cuma mendapat lima kemenangan, tiga imbang, dan sembilan kekalahan.

Pelatih berusia 39 tahun itu lalu melatih Pisa pada Agustus 2015 sampai Juni 2017. Gattuso malah membuat Pisa terdegradasi ke Serie C Italia setelah menjadi juru kunci di Serie B 2016/2017.

Hingga akhirnya, Milan memutuskan menarik Gattuso sebagai pelatih Primavera selang beberapa hari kemudian. Sejauh ini membawa tim Primavera duduk di posisi ketiga dengan poin 19 dari enam kemenangan, satu imbang, dan tiga kekalahan.