10 Fakta Menarik Jelang Barcelona Vs Chapecoense

Barcelona saat menjuarai International Champions Cup 2017
Sumber :
  • https://twitter.com/FCBarcelona

VIVA.co.id – Barcelona akan menjamu Chapecoense dalam laga pramusim bertajuk Joan Gamper Trophy 2017. Laga ini akan berlangsung di Camp Nou, Senin 7 Agustus 2017 (Selasa dini hari WIB).

6 Kecelakaan Pesawat Mengerikan di Dunia Olahraga

Laga ini diadakan untuk menghormati korban kecelakaan pesawat Chapecoense, November 2016 lalu. Sebanyak 71 orang termasuk pemain Chapecoense, tewas dalam musibah tersebut.

Berikut 10 fakta menarik mengenai Joan Gamper Trophy dan duel Barca vs Chapecoense, seperti dilansir situs resmi Barca:

Pengadilan Florida Setuju Korban Kecelakaan Pesawat Ini Dapat Santunan

1. Joan Gamper Trophy pertama kali diadakan pada 1966 untuk mengingat pendiri Barcelona sekaligus mantan presiden klub.

2. Dari 51 edisi sebelumnya, hanya 10 tim tamu yang sukses menjuarai Joan Gamper Trophy. Kali terakhir dilakukan Sampdoria pada 2012.

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

3. Lionel Messi mencatat rekor sebagai pemain paling sering meraih gelar pemain terbaik di Joan Gamper Trophy, yakni 3 kali. Messi juga sudah mencetak 7 gol di ajang ini.

4. Tim tamu musim ini adalah Chapecoense. Ini berselang empat tahun setelah tin asal Brasil lainnya tampil di Joan Gamper Trophy, yakni Santos pada 2012. Saat itu, Barca mencukur Santos 8-0.

5. Lawan Barca kali ini berasa dari kota Chapeco di bagian selatan Brasil. Tahun 2014 lalu menjadi kali kedua mereka tampil di Serie A Brasil. Namun, pada 2016 mereka cepat berkembang dan sukses melaju ke final Copa Sudamericana.

6. Insiden kecelakaan pesawan LaMia Fight 2933 merenggut nyawa generasi emas Chapecoense. Sebanyak 71 dari 77 penumpang pesawat meninggal dunia. 19 di antaranya merupakan pemain utama Chapecoense.

7. Dengan skuat baru, termasuk pemain pinjaman, pemain gratis, dan pemain muda, Chapecoense telah beberapa pekan memasuki musim anyar. Setelah 17 pertandingan, mereka menduduki posisi 12 dari 20 tim di kasta teratas Liga Brasil.

8. Duel Barca vs Chapecoense terasa spesial untuk bintang futsal Barca, Ferrao yang akan menjadi bintang tamu. Itu karena dia lahir di kota Chapeco dan ayahnya sempat bermain untuk Chapecoense.

9. Chapecoense akan mengenakan jersey khusus saat bersua Barca. Di jersey ada tulisan Somos Todos Chape yang berarti "Kita semua Chape".

10. Sebelum kick off Barca vs Chapecoense, tuan rumah akan memperkenalkan skuat dengan cara yang spektakuler. Pelatih Barca, Ernesto Valverde akan menyapa fans Blaugrana untuk kali pertama di Camp Nou.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya