Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 21:19 WIB
  • LaLiga Siap Terapkan Teknologi Baru Musim Depan

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
LaLiga Siap Terapkan Teknologi Baru Musim Depan
Photo :
  • Marca
La Liga Spanyol

VIVA – Kompetisi LaLiga Spanyol tak lama lagi akan menerapkan teknologi pendukung pertandingan. Teknologi asisten wasit video (VAR) akan mulai diterapkan pada musim 2018/19 mendatang.

Keputusan ini telah dikonfirmasi petinggi Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Juan Luis Larrea. Musim ini, VAR sudah mulai diterapkan di sejumlah liga top Eropa seperti Serie A Italia dan Bundesliga Jerman.

Namun, LaLiga dan Premier League Inggris belum mengadopsi teknologi yang masih memunculkan perdebatan hingga saat ini.

Beberapa waktu lalu, Presiden LaLiga, Javier Tebas sempat menyatakan bahwa VAR terlalu mahal untuk diterapkan, tapi tetap RFEF berniat menghadirkan teknologi ini musim depan.

“Rencananya, VAR akan digunakan sejak pekan pertama La Liga musim depan. Ketika sebuah teknologi hadir dalam sepakbola, anda harus menerimanya,” ungkap Larrea kepada Cadena Ser.

Bukan cuma teknologi VAR, Larrea juga mendiskusikan wacana perubahan format Copa del Rey. Belakangan ini, turnamen domestik Spanyol ini mendapat kritik sebagai pemicu kelelahan dan minim kejutan lantaran sejak babak 32 besar hingga semifinal setiap duel dilangsungkan dalam 2 leg.

“Saya sebenarnya suka format saat ini. Ini yang diinginkan oleh klub-klub, tapi ketika mereka ingin mengubahnya, kami akan mempertimbangkannya,” tegas Larrea. (ase)