Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 12:03 WIB
  • Tak Punya Trofi Ballon d'Or, Legenda Madrid Iri pada Ronaldo

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah
Tak Punya Trofi Ballon d'Or, Legenda Madrid Iri pada Ronaldo
Photo :
  • REUTERS/Juan Medina
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo

VIVA – Bukan perkara mudah bagi seorang pesepakbola merengkuh sebuag gelar Ballon d'Or. Itulah yang dirasakan oleh penyerang legendaris Real Madrid, Emilio Butragueno. Pernyataan Butragueno dilontarkan usai kesuksesan megabintang Madrid, Cristiano Ronaldo, memenangkan gelar pesepakbola terbaik sejagat, untuk kelima kalinya.

Ya, Ronaldo sukses menyabet gelar Ballon d'Or 2017. Megabintang berusia 32 tahun sukses mempertahankan gelar ini, setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada 2016. Tak cuma itu, gelar ini adalah yang kelima baginya. Satu fakta lainnya, Ronaldo juga mampu menyamai catatan seteru abadinya, Lionel Messi, yang juga memiliki lima trofi Ballon d'Or.

Kesuksesan Ronaldo mendapatkan lima gelar Ballon d'Or jelas bukan prestasi kacangan. Meskipun punya kualitas, bintang sepakbola belum tentu bisa menggenggamnya. Hal ini yang dirasakan oleh Butragueno. 

Meski jadi salah satu legenda Madrid yang pernah mengantar Madrid enam kali juara LaLiga dan dua kali juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa), Butragueno tak pernah meraih gelar Ballon d'Or. Oleh sebab itu, Butragueno menyebut Ronaldo sebagai sosok sentral sepanjang sejarah Madrid, selain legenda lainnya, Alfredo Di Stefano.

"Sangat sulit untuk memenangkan Ballon d'Or. Saya tahu apa yang saya katakan (Butragueno tak pernah meraih Ballon d'Or). Jadi, untuk memenangkannya (Ballon d'Or) lima kali adalah hal yang sangat luar biasa," kata Butragueno dikutip FourFourTwo.

"Kami sudah mengucapkan selamat kepadanya dan senang dengan apa yang dicapainya. Tidak ada keraguan bahwa dia (Ronaldo) dan Alfredo Di Stefano, adalah pemain paling penting dalam sejarah Real Madrid," ujarnya.

Hingga saat ini, Ronaldo sudah hampir sembilan musim membela panji tim ibukota. Total ia sudah mencetak 418 gol dalam 412 penampilan. Dengan catatan tersebut Ronaldo juga menyegel status pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa, melebihi beberapa legenda semisal, Raul Gonzales, Di Stefano, dan Carlos Santilana.