Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 17:41 WIB
  • Resep Sukses Cristiano Ronaldo

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Resep Sukses Cristiano Ronaldo
Photo :
  • REUTERS/Eddie Keogh
Detik-detik Cristiano Ronaldo Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Dunia 2017

VIVA – Cristiano Ronaldo masih bingung ketika ditanya mengenai masa depannya setelah tidak menjadi pemain bola. Usia 32 tahun memang termasuk senja sebagai pemain bola.

Meski Ronaldo masih produktif dan kompetitif dengan pemain yang berada di usia emas seperti Harry Kane dan Romelu Lukaku, banyak yang mulai mempertanyakan apakah CR7 akan mengikuti jejak Zinedine Zidane dan Antonio Conte menjadi pelatih?

"Sulit mengatakan apa yang akan saya lakukan di masa depan, tapi satu hal yang jelas untuk saya, saya suka hidup untuk saat ini," kata penyerang Real Madrid itu saat wawancara dengan Nike seperti dilansir Marca, Sabtu 4 November 2017.

"Saya tahu, saya tak akan muda selamanya, saya tak melihat saya sebagai pelatih, setidaknya sampai hari ini".

Ronaldo kemudian ditanya resep bugarnya di kala usia sudah memasuki kepala tiga bisa tetap kompetitif di level top dunia. 

"Apa yang selalu saya jaga adalah motivasi bahwa faktanya saya selalu bermain bola, ini adalah apa yang saya suka, saya merasa enak dan ingin bermain terus," ujarnya.

Menurutnya, bisa sukses sebagai pemain bola profesional bukan sekadar bakat. Selain bakat, perlu kerja keras dan latihan terus-menerus, menurutnya, membuat pemain lebih kuat dan mampu tampil sebagai pemenang.

"Bakat, jika kamu tak punya bakat, lupakan! Tapi jika kamu punya bakat, kerja keras dan dedikasi akan membuatmu lebih baik, tetapi sebagaimana saya bilang, saya punya talenta," katanya.

"Saat berusia 16 tahun, saya merasakan dorongan kuat menjadi pemain bola profesional, saat 15 atau 16, ketika pertama kali latihan bersama tim pertama, Sporting, di situ lah saya merasakan diri untuk pertama kalinya menjadi pemain bola profesional," tuturnya.