10 Tim Terpopuler Tahun 2012 (1)

Pemain AC Milan merayakan gol Stephan El Shaarawy
Sumber :
  • REUTERS/Giampiero Sposito

VIVAbola - Tahun 2012 adalah tahun naik-turun bagi sejumlah klub besar Eropa. Prestasi besar masa lalu kerap menjadi beban klub yang tengah berjuang saat ini. Tapi ada juga klub yang akhirnya meraih sukses setelah sekian lama. Berikut daftar klub-klub terpopuler pada 2012, versi ESPN:

10. MANCHESTER CITY
Kebangkitan The Citizens terjadi pada 2008 setelah Abu Dhabi United Group mengambil alih klub. Gelontoran dana besar membuat ManCity leluasa di pasar transfer.

Kedatangan sejumlah nama populer macam Yaya Toure, Carlos Tevez, Samir Nasri dan Sergio Aguero membuat rival Manchester United itu berhasil merebut gelar juara Premier League pada 2012, pertama sejak 1968. Keberhasilan mereka itu berhasil merebut hati para pecinta sepakbola.

9. INTER MILAN

Prestasi terbesar Inter adalah menjadi klub Italia pertama yang merebut tiga gelar pada 2010 lalu. Liga Champions, Coppa Italia dan Scudetto Italia sukses direbut Nerazzurri era Jose Mourinho.

Namun, pergantian pelatih dari Rafael Benitez, Leonardo, Gian Piero Gasperini sampai akhirnya Andrea Stramaccioni belum membuat hasil maksimal. Hanya Strama yang sanggup mendongkrak permainan Inter dengan menduduki peringkat tiga klasemen sementara, yang tentu membuat fansnya gembira.

8. LIVERPOOL
Prestasi Liverpool jeblok dalam beberapa tahun terakhir. Bongkar pasang pelatih membuat The Reds saat ini kesulitan bersaing di papan atas. Tapi trofi Piala Liga sukses mereka rebut pada 2012.

Kehadiran Luis Suarez di lini depan Liverpool juga membuat asa Anfield tetap terjaga. Sayang, tim asuhan Brendan Rodgers ini kurang konsisten. Meski begitu, prestasi besar klub Merseyside itu pada masa lalu membuat mereka tetap populer.

7. JUVENTUS
Sejauh ini tercatat sebagai klub paling sukses di ranah Italia, total 28 gelar juara ditambah sembilan gelar Coppa Italia sudah direbut Juventus.

Sempat tersandung skandal Calciopoli pada musim 2006, Bianconeri perlahan mulai bangkit dari Serie-B sampai menjadi Scudetto musim 2011/12 lalu. Skuad solid yang diracik Antonio Conte, stadion baru dan dukungan suporter yang besar membuat Juve kembali dalam trek.

6. AC MILAN
Enam gelar Liga Champions ada di kantung Rossoneri, hanya kalah dari Real Madrid. 18 gelar Scudetto Serie-A juga sukses masuk lemari trofi San Siro.

Meski musim ini kehilangan sejumlah pemain bintang maca Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva, Milan bisa kembali mengembalikan rasa ragu suporternya setelah menemukan pemain-pemain muda berbakat macam Stephan El Shaarawy, Matia D'Sciglio, dan Kevin Constant. (ibk)

(BERSAMBUNG...)

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan
Yaya Toure merayakan gol Manchester City

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Yaya Toure berusaha untuk berdamai dengan bos ManCity

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016