Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 21 Juni 2017 | 03:01 WIB
  • Ini 'Dosa' Jose Mourinho Terkait Kasus Pajak

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Ini 'Dosa' Jose Mourinho Terkait Kasus Pajak
Photo :
  • REUTERS/Marcelo Del Pozo
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Jose Mourinho saat masih di Real Madrid.

VIVA.co.id – Jeratan kasus pajak menghantui selebriti lapangan hijau. Terbaru, pelatih Manchester United Jose Mourinho. Peraih juara Liga Champions dua kali itu dituduh menggelapkan pajak senilai €3,3 juta sepanjang 2011 dan 2012.

Masuknya Mourinho memperpanjang daftar pesepakbola yang terjerat kasus pajak. Sebelumnya, ada Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, Radamel Falcao, Angel Di Maria, dan Xabi Alonso. 

Inilah konstruksi kasus yang menimpa Jose Mourinho. Jose Mourinho merupakan pelatih paling populer sejagad saat ini. Nama besarnya sangat gampang dikomersiilkan berbasis hak cipta dirinya, misalnya saja foto dan merchandise lain.

Otoritas Spanyol menginvestigasi dugaan adanya praktik menyembunyikan penghasilannya dari pintu itu secara ilegal untuk mendapatkan benefit berupa tidak bayar pajak, atau membayar tapi lebih kecil dari yang seharusnya.

Begitu juga sebenarnya perkara yang membelit Ronaldo dan bintang-bintang yang merumput di Spanyol lainnya. Hampir semua kasus itu terjadi dan dikejar oleh otoritas Spanyol, meskipun orangnya telah pindah.

Mourinho adalah pelatih Real Madrid sejak 2010-2013. Tahun berikutnya, dia menjadi pelatih Chelsea dan kini menjadi pelatih Manchester United.

Dilansir Telegraph, jaksa penuntut di Madrid menuduh Mourinho menggelapkan pajak sebesar €1,611,537 untuk tahun 2011 dan €1,693,133 untuk 2012.

Menariknya, Mourinho dan Ronaldo sama-sama bernaung di bawah agen Jorge Mendes. Bintang lain yang di bawah naungan agen ini adalah Falcao, Angel di Maria, Fabio Coentrao, dan Ricardo Carvalho. (asp)