Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 01:00 WIB
  • Kisah Pemain Difabel, Debut Profesional dengan Lengan Palsu

  • Oleh
    • Satria Permana
Kisah Pemain Difabel, Debut Profesional dengan Lengan Palsu
Photo :
  • The Sun
Pemain difabel asal Rumania, Cosmin Lambru

VIVA – "Ingatlah akan mimpimu dan berjuang untuk meraihnya. Kalian harus tahu apa yang kalian mau dalam hidup. Hanya satu yang membuat mimpimu jadi tak mungkin diraih: ketakutan akan kegagalan."

Begitu kutipan dari seorang novelis dunia asal Brasil, Paulo Coelho. Apa yang diucapkan Paulo, tampaknya begitu diterapkan oleh seorang pesepakbola difabel bernama Cosmin Lambru.

Sama sekali tak ada yang menyangka, Cosmin bisa melakoni laga debut profesional, meski tak memiliki tangan kiri. Saat bermain sepakbola, Cosmin harus mengenakan lengan palsu.

Dengan lengan palsu tersebut, Cosmin mampu meraih mimpinya. Pemuda 18 tahun tersebut resmi menjadi pemain sepakbola profesional setelah melakoni debut di ajang Piala Liga bersama FC Petrolul Ploiesti, klub Divisi 3 Rumania.

Cosmin jadi pemain pengganti saat Petrolul menghadapi Mioveni. Sayangnya, dalam pertandingan yang digelar pada Selasa 24 Oktober 2017, Petrolul kalah lewat babak adu penalti.

Kisah Cosmin kehilangan lengannya terbilang tragis. Dia ditabrak truk dengan begitu telak. Ajaibnya, Cosmin selamat, hanya saja lengan kirinya harus diamputasi.

"Saya merasakan sakit yang luar biasa. Tapi, saat itu saya sadar sedang dibawa ke rumah sakit," kata Cosmin dilansir Marca.

Cosmin mengaku, usai melakoni berbagai prosedur operasi, sempat ada kesulitan yang menghalanginya untuk bermain sepakbola. Perlahan, dia mampu mengembangkan kualitas tekniknya. Hingga akhirnya, Cosmin menjadi pemain profesional.

"Saat saya kembali ke sepakbola, saya belajar bagaimana tak bergantung kepada tangan. Tak mudah, tapi saya tak mau mengeluh," ujar Cosmin. (one)