Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 15:43 WIB
  • Trik dan Ritual Tendangan Bebas Mematikan Andrea Pirlo

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada
Trik dan Ritual Tendangan Bebas Mematikan Andrea Pirlo
Photo :
  • REUTERS/Giorgio Perottino
Andrea Pirlo, melakukan tendangan bebas kala membela Juventus.

VIVA – Andrea Pirlo sudah pensiun dari sepakbola. Tapi mahakaryanya di lapangan hijau akan selalu dikenang, terlebih torehan cantik yang dibuat dari eksekusi bola mati.

Selama menjadi pemain, Pirlo memang dikenal jago tendangan bebas. Entah itu memberikan umpan yang berujung gol atau menembak langsung bola ke dalam gawang lawan.

Kini Pirlo buka-bukaan dengan skill khusus yang dimilikinya tersebut. Mantan bintang AC Milan dan Juventus itu mengatakan, pada intinya kemampuan mengambil tendangan bebas merupakan bakat alami.

Pemain yang dijuluki Sang Arsitek tersebut mengaku mengandalkan intuisinya kala melepaskan tembakan bola mati. Malah dia mengaku sudah tahu bola akan masuk atau tidak sesaat setelah kakinya menyentuh si kulit bundar.

"Mungkin itu adalah bakat alami. Saya hanya mencari posisi yang bagus, sesederhana itu, tapi mungkin tidak mudah buat orang lain," kata Pirlo.

"Saya tidak menendang dengan kaki dalam, lebih kepada dua jari di ujung kaki. Intuisi saya yang berbicara gol atau tidak setelah melepaskan tembakan. Bahkan saya sering melakukan selebrasi ketika bola belum mencapai gawang lawan," kata Pirlo.

Layaknya kebanyakan pemain sepakbola, Pirlo mengaku punya ritual khusus sebelum melakukan free kick. Dia sengaja menyeka bola hingga bersih.

"Saya ingin semua persiapan sempurna. Saya tidak mau bola kotor. Karena itu, sebelum menembak, saya membersihkan bola hingga terlihat cantik," bebernya dikutip Football Italia. (ase)