Risiko Kanker Payudara Bisa Dihitung dengan Statistik

Ilustrasi Kanker Payudara
Sumber :
VIVAnews -
Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Tim peneliti dari
National Cancer Institute
Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan
di Bethesda, Amerika Serikat, telah menghasilkan formula statistik baru untuk menghitung risiko seorang wanita terkena kanker payudara dalam waktu 10 sampai 20 tahun.
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Teknik baru ini meneliti usia wanita, jumlah anak yang dimiliki, pola makan, berat badan, gaya hidup, penggunaan alat kontrasepsi, dan hormon-hormon. Dengan begitu, peneliti dapat mengetahui risiko kanker yang diderita oleh pasien.


Tak hanya memprediski kanker payudara, teknik ini juga mampu memprediksi risiko terkena kanker ovarium dan endometrium.


Dalam percobaan yang melibatkan hampir 122.000 wanita, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia lebih dari 50 tahun akan memiliki risiko terkena kanker payudara antara 1,57 persen sampai 21,78 persen pada periode 10 tahun.


Sementara pada periode 20 tahun, risiko itu meningkat menjadi 3,64 persen sampai 35,11 persen.


Para peneliti mengklaim bahwa teknik baru ini mampu secara akurat memprediksi seorang wanita menderita kanker, terutama kanker payudara.


Menurut Dr Ruth Pfeiffer, pemimpin penelitian, teknik baru ini dapat sangat membantu dalam pengambilan keputusan klinis terkait dengan risiko kanker.


"Dengan menggunakan teknik ini, maka seorang wanita mempunyai model risiko untuk menangani kanker payudara," kata Pfeiffer, dilansir
Telegraph,
2 Agustus 2013.


Penelitian ini mendapat sambutan baik dari para dokter-dokter, karena memudahkan mereka dalam mengidentifikasi pasien wanita yang memiliki risiko kanker.


Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam Jurnal
PLoS Medicine.
(adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya