2016, Teknologi Hologram Hadirkan Lawan Bicara di Depan Mata

Hologram manusia
Sumber :
  • Softpedia
VIVANews
Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara
- Berbicara dengan manusia virtual yang ditampilkan melalui proyeksi dari ponsel, sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Beberapa ilmuwan telah bersiap untuk mengkomersilkan teknologi ini dalam dua tahun ke depan.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Ketimbang harus berbicara dengan teman melalui speaker, teknologi ini memungkinkan seseorang untuk berbicara
Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia
face to face . Teman virtual akan dihadirkan dan berdiri di hadapan, dan mengobrol. Tampilannya bukan seperti hologram biasa namun lebih tajam dan pergerakannya mulus. Pasalnya, teknologi hologram ini mengusung 5.000 piksel per inci. Dibanding piksel yang ada di layar smartphone, misalnya iPhone yang hanya 300 piksel per inci, hologram ini jauh lebih tajam.


Dikutip dari
Telegraph
, Kamis 5 Juni 2014, Ostendo Technologies telah menghabiskan waktu sepanjang 9 tahun belakangan untuk mengembangkan teknologi ini. Sebuah proyektor mini yang mampu menghadirkan hologram sebesar manusia di depan mata.


Versi sederhana dari chip ini akan tersedia pada 2015 nanti namun masih akan menghadirkan gambar dua dimensi saja. Saking kecilnya, chip proyektor mini ini bisa disematkan ke dalam smartphone atau smartwatch. Proyekto ini bisa memancarkan gambar sebesar 48 inci di media datar.


chip 3D, dikenal sebagai Quantum Photonic Imagers akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2015. Harganya diperkirakan akan mencapai USD30 ketika diproduksi secara massal. Harga ini sama dengan bandrol chip kamera yang disematkan di smartphone.


Kedua chip bisa disematkan secara mudah ke dalam smartphone atau smartwatch karena hanya seukuran ujung jari kelingking, berbentuk kotak 5 milimeter di setiap sisinya.


"Selama bertahun-tahun kita memiliki tenaga yang meningkat dan jaringan dengan bandwidth yang terus bertambah. Yang belum adalah peningkatan di industri
display
atau tampilan. Bayangkan jika semua yang ada di hadapan ada hadir dalam format tiga dimensi meski jaraknya jauh di luar sana," ujar Dr. Hussein El-Ghoroury CEO OStendo.


Perusahaan pimpinan Husein ini sejatinya masih kecil namun telah mampu memiliki dana sekitar US$90 miliar dari perusahaan finansial dan Peter Thiel, investor Facebook terdahulu. Bahkan Ostendo juga telah menerima hibah sebesar US$58 miliar dari badan penelitian pemerintah, termasuk DARPA.


Ostendo akan menghadirkan prototipe teknologi grafis hologram ini ke Angkatan Udara Amerika pada Juli 2016 nanti.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya