3.500 Menara XL Kini Milik Solusi Tunas Pratama

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL
VIVAnews
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
- PT XL Axiata Tbk, akhirnya memilih PT Solusi Tunas Pratama (STP) sebagai pemilik baru dari 3.500 menara yang ada, setelah tiga bulan menjalankan proses tender penjualan. Hebatnya, pembayaran yang dilakukan STP ini dalam bentuk tunai.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Dilansir melalui keterangan resmi XL, Rabu 1 Oktober 2014, total nilai pembelian ribuan menara telekomunikasi XL itu mencapai Rp5,6 triliun. Dalam kesepakatannya, STP menyanggupi pembayaran transaksi seluruhnya dalam bentuk tunai tanpa bentuk lain, baik saham, atau komponen lain yang ditangguhkan. Pembayaran akan dilakukan saat penyelesaian transaksi.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban


"Kami juga telah setuju untuk menyewa kembali menara yang dijual kepada STP. Jangka waktu perjanjian penyewaan sampai 10 tahun ke depan. Dengan demikian, kami bisa menghemat belanja modal dan biaya operasional perusahaan," ujar CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi.


Bagi XL, kata Hasnul, hal ini merupakan langkah positif untuk semakin fokus pada bisnis inti. Hal ini, berimbas pada pencapaian pengalaman pelanggan yang lebih baik.


"Kami akan menggunakan dana hasil transaksi ini untuk mengurangi sebagian beban utang yang ada," kata Hasnul.


Merrill Lynch (Singapore) Pte.Ltd (BofA Merrill Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk XL atas transaksi ini, serta Standard Chartered Bank dan J.P.Morgan (S.E.A) Limited bertindak sebagai penasihat keuangan untuk STP.


XL diketahui, saat ini telah memiliki hampir 63 juta pelanggan.


Sementara itu, bagi STP, raihan baru ini semakin memantapkan langkah mereka menjadi pemain besar dalam industri penyewaan menara.


"Transaksi ini semakin memantapkan posisi STP dalam kategori tiga besar perusahaan penyedia menara independen yang memiliki portofolio yang kuat di Indonesia." ujar Pres Direktur STP, Nobel Tanihaha.


Tahun ini, Solusi Tunas Pratama ingin menambah sebanyak 1.000 unit menara di wilayah Jawa. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya