Menko PMK Sentil Pembangunan 100 Taman Sains dan Tekno

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO
VIVA.co.id
Menko PMK: Kampung KB, Wadah Gerakan Masyarakat Sehat
- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, menyentil rencana pembangunan 100 Taman Sains dan Teknologi atau Science Techno Park (STP). Menurut Puan, proyek nasional tersebut harus tepat guna, terlebih soal pemilihan lokasi pembangunannya.

Puan Maharani Buka Indonesia Fashion Week 2016

Disampaikan politisi PDIP tersebut, STP menjadi salah satu pegangan pemerintah dalam memajukan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu, lokasi pembangunan STP pun perlu diperhatikan agar tidak sia-sia.
Puan Maharani: Tata Ulang Orientasi Pendidikan Tinggi


"STP jangan dibangun di wilayah yang tidak ada orangnya, tapi harus dibangun di daerah yang bisa menarik banyak orang dan bekerja di sana. Ini agar hasilnya bisa dimanfaatkan bangsa dan wilayah tersebut. Kalau asal bangun, tidak ada manfaatnya," ujar Puan di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2015.


Selain itu, Puan mengimbau dari 100 STP yang akan tegak berdiri di berbagai wilayah Indonesia itu, diharapkan salah satunya dapat mencari rintisan dan kota percontohan pembangunan.


"Saya minta ada satu STP untuk dijadikan contoh. Bukan hanya bangun, tapi bisa dijadikan tempat buat satu keluarga, misalnya orang tua kerja dan anak main di depannya. Ada yang dihasilkan, kemudian masyarakat bisa datang untuk berkreasi di STP tersebut," tuturnya.


Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi tengah membangun 100 STP di seluruh Indonesia. Proyek tersebut ditargetkan rampung dalam lima tahun ke depan. Nantinya, STP juga bisa dimanfaatkan sebagai implementasi hasil riset dari para peneliti ke masyarakat dan dunia usaha.


Menurut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang iptek dalam rangka pembangunan 100 Techno Park di kabupaten/kota dan Science Park di setiap provinsi Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya