Dell Rogoh US$67 Miliar untuk Beli EMC

Pendiri dan CEO Dell, Michael Dell
Sumber :
  • Slate.com
VIVA.co.id
Laptop Dell Ini Fitur Mewah, Harga Ramah Kantong
- Perusahaan teknologi Dell telah melakukan aksi korporasi terbesar yang pernah terjadi di industri teknologi. Mereka mengakuisi perusahaan penyedia penyimpanan data, EMC, dengan nilai US$67 miliar.

Dell Luncurkan 13 Produk Baru, Ini Harganya

Pembelian ini dilakukan Dell dengan menggandeng perusahaan swasta lain, Silver Lake. Nilai miliaran itu sama saja dengan harga EMC senilai US$33,15 per saham.
Dell Berencana Jual Asetnya Senilai US$10 Miliar


CompuDell menawarkan stakeholder EMC masing-masing sekitar US$24,05 per saham dan US$9,10 saham pelacakan yang terikat dengan saham EMC di VMware, yang akan tetap menjadi perusahaan publik di bawah syarat transaksi.


Transaksi ini diharapkan akan mencapai final antara Mei dan Oktober 2016. Perusahaan gabungan itu akan fokus pada pembayaran utang dalam kurun 18 sampai 24 bulan setelah penutupan transaksi.


Setelah akuisisi ini, pendiri dan CEO Dell, Michael Dell akan bertindak sebagai direktur EMC, menggantikan Joe Tucci. Sampai saat ini belum ada rencana untuk pemutusan kerja bagi karyawan EMC. Yang pasti, perusahaan gabungan itu akan memiliki hub teknologi di beberapa kota, seperti Austin, Texas, dekat dengan basis kantor Dell, di Silicon Valley dan Massachusets, basis kantor EMC.


Usai pengumuman akuisisi ini saham EMC berakhir naik 1,76 persen menjadi US$28,35. Sedangkan saham VMware ditutup turun 8,11 persen menjadi US$72,27.


Dikatakan Michael Dell, seperti dikutip dari
USA Today
, Selasa 13 Oktober 2015, kesepakatan ini akan digunakan Dell untuk memajukan usahanya. Baik Dell dan EMC akan difokuskan untuk bermain di pasar enterprise, khususnya di layanan penyimpanan data dan keamanan perusahaan besar.


"Perpaduan Dell dan EMC akan menjadikan kami sebagai pemimpin dalam industri ini. Pasar IT yang bernilai S$2 triliun. Transaksi ini juga akan memperkuat kedua perusahaan dan meningkatkan performa keduanya untuk bersaing dalam pasar global," ujar Michael Dell.


Akuisisi ini dianggap yang terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaan IT. Bahkan mengalahkan akuisisi Broadcomm Corp oleh Avagi Tech senilai US$36,5 miliar. Bahka WhatsApp, yang dibeli Facebook pun hanya bernilai US$21,9 miliar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya