Tahun 2016, Kaskus Fokus ke Forum Jual Beli

Kaskus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia
- Industri e-Commerce terus mengalami peningkatan, seiring dengan terbentuknya ekosistem dan kebiasaan masyarakat berbelanja secara online. Melihat kondisi tersebut, Kaskus tak ingin tinggal diam.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota
Menghadapi tantangan tahun depan, situs online ini berencana akan jor-joran pada layanan jual beli melalui platform Forum Jual Beli (FJB). Sejumlah fitur-fitur mendukung telah dihadirkan tahun ini untuk mempertegas bahwa Kaskus fokus di ranah jual beli.

Pemain e-Commerce Taruh Harapan ke Kabinet Baru Jokowi
"Untuk tahun 2015-2016 akan menjadi tahun ekspansi kita. Awalnya, Kaskus yang berdiri sejak tahun 1999 oleh founder kita, Andrew Darwis, membangun untuk komunikasi antar komunitas. Tapi semakin ke sini, di Kaskus bukan hanya ngobrol tetapi juga ada jual belinya. Maka dari itu, ada kategori khusus yang dinamakan Forum Jual Beli," ujar Chief Marketing Officer Kaskus, Ronny W. Sugiadha di Jakarta, Rabu 16 Desember 2015.

Ronny melanjutkan, dilihat dari segi trafik, kategori Forum dengan ikatan para komunitasnya masih kuat dengan jumlah persentase 65 persen. Sedangkan, untuk kategori FJB masih dibelakangnnya dengan jumlah trafik mencapai 35 persen.

"Sekarang tren e-Commerce sedang tumbuh, kami juga akan mengikutinya dengan FJB. Tapi, kami bukan pemain e-Commerce yang langsung distribusi barang pesanan, kita hanya menyediakan tempatnya saja. Kami menguatkan identitas sebagai social commerce platform," jelas Ronny soal langkah Kaskus di tahun depan.

Bukti dari keseriusan Kaskus sebagai Social Commerce Platform ini, diwujudkan dengan menghadirkan berbagai fitur pendukung, seperti KasAds dan KasPay yang merupakan integrasi identitas Kaskus tersebut.

"Perpaduan aktivitas sosial dan commerce di antara Kaskuser itulah yang kemudian membuat kami berkembang menjadi social commerce platform dan menjadikan kami beda dengan perusahaan lainnya," ungkap dia.

Sebagai informasi, KasAds ini berupa penawaran pemasangan iklan berupa teks atau gambar khusus Kaskuser di Forum atau FJB yang akan ditampilkan setelah thread pertama.

Menarik para agan dan aganwati yang menggunakan KasAds dapat mengaturnya iklan tersebut, serta menentukan budget dengan terlebih dahulu menaruh sejumlah nominal di BranKas maupun penempatan iklan di halaman forum yang diinginkan.

Sedangkan KasPay, merupakan sistem pembayaran online secara resmi yang dikelola oleh PT Darta Media Indonesia, di mana proses transaksinya seperti layaknya dompet elektronik (e-wallet).

"Kehadiran KasAds dan KasPay ini bentuk komitmen kami dalam meningkatkan keamanan dan memberikan fleksibilitas bagi Kaskuser. Kami ingin di tahun depan, trafik di Forum dan FJB bisa seimbang," ucap dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya