Aneh, Pria Ini Derita Katarak Berbentuk Bunga

Katarak berbentuk daun bunga
Sumber :
  • www.livescience.com/The The New England Journal of Medicine

VIVA.co.id – Ada kejadian aneh yang menimpa seorang pria asal India, usai mengendarai sepeda dan menabrak sebuah mobil. Salah satu mata pria tersebut mengalami luka, dan begitu memeriksakan ke dokter, beberapa bulan kemudian, dia menyadari mata kirinya ternyata mengalami Hal yang membuat aneh, katarak matanya berbentuk bunga.

Operasi Katarak Makin Canggih, Tanpa Jahitan dan Pulih Lebih Cepat

Dikutip dari Live Science, Rabu 11 Mei 2016, diceritakan usai mengalami kecelakaan tanpa helm tersebut, pria India itu pergi ke dokter untuk memeriksakan penglihatan mata kirinya yang tak beres selama beberapa bulan.

Kepada dokter, dia mengaku menderita gegar dan terluka pada mata kirinya selama tiga bulan belakangan sebelum memutuskan memeriksakan diri. Kemudian, saat diperiksa, dokter terkejut karena mata kiri pria tersebut terdapat dengan bentuk 10 daun bunga.

Bisakah Katarak Diobati Tanpa Operasi?

Terkait dengan fenomena yang aneh tersebut, peneliti mengatakan katarak bisa terbentuk akibat benjolan, atau pukulan pada mata. Dalam kasus katarak traumatik, maka bisa membentuk pola bintang dan bunga.

Kasus itu pernah terjadi pada 2013, saat pria Australia ditemukan punya katarak berbentuk bintang, setelah ia memukul matanya sendiri.

Pare, Manfaatnya Tak Sepahit Rasanya

Dokter mata Lenox Hill Hospital di Ney York City, Amerika Serikat, pernah mengatakan katarak traumatik terbentuk, karena saat mata menerima pukulan, gelombang kejut melalui mata, kemudian merusak lensa dan akhirnya menyebabkan mata menjadi buram di beberapa area. Namun, terkait mengapa bentuk yang muncul berpola, dokter dan peneliti masih belum bisa memastikannya penyebabnya.

Katarak pada pria India itu telah dipublikasikan di jurnal New England Journa of Medicine.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/11/573345de25a1a-katarak-berbentuk-daun-bunga_663_382.jpg

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya