Windows 10 Adalah Terakhir Bagi Microsoft

Windows 10
Sumber :
  • Screenshot Windows 10

VIVA.co.id – Sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10 telah menginjak usai setahunnya sejak diluncurkan pada tahun lalu.

Banyak Pengguna Komputer Mengeluh Tak Bisa Unduh Windows 11

Bagi Microsoft, Windows 10 ini merupakan andalan dan ingin terus mempertahankan sistem operasi terbarunya. Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, mengatakan ke depan Windows 10 merupakan Windows pamungkas dalam perusahaannya.

"Windows 10 diluncurkan setahun lalu itu Windows as a service, artinya tidak akan ada lagi sistem operasi, misalnya Windows 11 atau Windows 12. Will be the last, tapi bukan berarti inovasi berhenti di sini ya," kata Linda dalam Windows 10 Anniversary update, di KOI Kemang, Jakarta, kemarin.

Tips Singkat Lengkap Cara Instal Windows 10

Dia mengatakan dengan Windows terakhir, Microsoft akan terus menjalankan update fitur-fitur yang ada pada sistem operasi tersebut. Saat menginjak usai setahun saja, kata dia, sudah ada lebih dari 200 fitur baru yang menarik di Windows 10. Ke depan, Microsoft akan terus memperkaya konten dalam Windows 10.

"Itu akan kami lakukan, update lagi, update kedua. Major update yang kedua setelah windows 10 diluncurkan, ke depannya kita akan update-update terus, termasuk security update dan lainnya," ujar Linda.

Susah Instal Software, Ini Cara Mematikan Windows Defender

Salah satu wujud pembaharuan pada sistem operasi itu ditunjukkan Microsoft dengan Windows 10 Anniversary Update. Dalam update menginjak usai setahun ini, Microsoft menghadirkan rangkaian fitur Windows 10 seperti Windows Ink Workspace.

Fitur yang muncul pada Windows Ink Workspace di antaranya Sticky Notes, Sketchpad, dan Screen Sketch.

Fitur Sticky Notes memungkinkan pengguna mudah berselancar di internet. Pengguna cukup menuliskan kata kunci yang dicari di Sticky Notes dan fitur ini akan langsung terintegrasi dengan browser Microsoft Edge.

Kemudian fitur Sketchpad memungkinkan pengguna menulis atau menggambar di atas perangkat dengan pena stylus bagi perangkat layar sentuh atau bisa memakai mouse pada perangkat non layar sentuh.

Dari segi keamanan, Microsoft mempercanggih tingkat keamanan Windows Hello dan Windows Defender, sehingga pengguna tak khawatir lagi data rusak atau hilang.

Kemudian fitur Screen Sketch membantu pengguna misalnya dalam menulis web secara efektif.

Dalam peringatan setahun Windows 10, Linda berpesan kepada pecinta Microsoft agar beralih ke sistem operasi Windows 10 yang asli. Sebab dengan menjalankan sistem operasi yang asli, maka pengguna akan mendapatkan update secara berkala dan tentunya mendapatkan jaminan keamanan dari serangan virus atau program komputer berbahaya (malware).

Dia juga mengatakan saat ini upgrade ke Windows 10 secara gratis sudah tidak muncul lagi seiring tenggat pada 29 Juli lalu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya