Gerhana Matahari Cincin, Masjid di Samudera Hindia Gelar Doa

Penampakan Gerhana Matahari sebagian.
Sumber :
  • REUTERS/Luc Gnago

VIVA.co.id – Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia telah menikmati indahnya Gerhana Matahari Cincin (GMC) kemarin, 1 September 2016.

Apa Bedanya Gerhana Matahari Cincin dan Total?

Warga di wilayah itu pun menyaksikan, menikmati dan merayakan GMC dengan beragam cara. Sambutan GMC di Afrika seramai Indonesia, saat menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016.

"Saya ingin melihatnya (GMC), bahkan anak perempuan saya akan terlalu tua untuk menonton fenomena berikutnya dalam 200 tahun," kata Jeremy Grondin, yang menyaksikan acara ‘nobar’ di Pulau Réunion, Samudera Hindia dilansir Guardian, Jumat 2 September 2016.

Siap-siap Menyaksikan Gerhana Matahari 'Bola Disko'

Terlihat, para penonton menggunakan kacamata pelindung khusus untuk menyaring sinar ultraviolet dan sinar inframerah Matahari yang berbahaya, jika ditatap langsung.

Uniknya, penonton juga ada yang menggunakan kamera lubang jarum, merupakan kamera tradisional terbuat dari botol bekas dan tambahan kertas foto. Lalu ada juga yang melihat GMC dengan botol dicat dan diberi lubang dengan menggunakan jarum.

Hati-hati, Cincin Api Akan Muncul di 8 Wilayah Ini

Hal menarik lainnya, seperti di Indonesia, umumnya umat Muslim ketika ada fenomena gerhana Matahari, maka umat Muslim laksanakan salat gerhana. Ritual yang hampir sama, menurut informasi, di masjid-masjid yang ada di Pulau Mayotte, Samudera Hindia, terdengar kumandang doa menyerukan agar warga terhindar dari bahaya.  

Gerhana Matahari Cincin Api.

Jangan Sampai Lewat! Begini Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin Api di Indonesia

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Api akan berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Sayangnya, momen menakjubkan ini tidak dapat disaksikan secara langsung di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2023