Fosil Dinosaurus Naga Lumpur Ditemukan di China

Tongtianlong limosus
  • NYTimes

VIVA.co.id – Ilmuwan China menemukan spesies baru dinosaurus. Spesies ini diberi nama Tongtianlong limosus, diklaim belum pernah ditemukan sebelumnya.

Geger, Fosil Gading Gajah Purba 800 Ribu Tahun Ditemukan di Sragen

Dinosaurus ini digambarkan memiliki bulu dan paruh. Ukurannya kecil mirip keledai. Meski memiliki keluarga dekat dengan nenek moyang burung, Tongtianlong bukanlah burung, bahkan ia tidak bisa terbang.

Spesies baru ini dianggap sebagai kelompok aneh dari dinosaurus. Mereka hidup 15 juta tahun lalu, sebelum dinosaurus benar-benar punah.

Merinding, Fosil Ini Ungkap Fakta Mengerikan Nenek Moyang Manusia

"Mereka kelihatan benar-benar aneh, mirip alien dengan tengkorang hidung yang pesek dan sebuah jambul," ujar paleontolog dari University of Edinburgh di Skotlandia, Stephen L. Brusatte, seperti dikutip dari NY Times, Jumat 11 November 2016.

Menurut Brusatte, fosil pertama dari kelompok dinosaurus ini, yang dikenal dengan nama oviraptorosaurus, ditemukan hampir satu abad lalu. Tongtianlong limosus, yang dalam bahasa China berarti 'naga lumpur yang sedang menuju surga', merupakan spesies keenam dari oviraptorosaurus yang ditemukan di wilayah Ganzhou, China.

Fosil Nenek Moyang Australia Ditemukan di Benua Lain, Kok Bisa?

Fosil ini ditemukan empat tahun lalu secara tidak sengaja, saat para pekerja akan mulai membangun sekolah. Kala itu, dinamit yang diledakkan para pekerja saat akan memulai konstruksi, menghamburkan fosil-fosil Tongtianlong.

Fosil Tongtianlong pun langsung diserahkan ke Junchang Lu, paleotolog dari Chinese Academy of Geological Sciences di Beijing. Lu memang telah lama mengadakan penelitian tentang oviraptorosaurus yang ditemukan di Ganzhou.

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah