Hawking Khawatir Malas Bergerak Picu Obesitas

Stephen Hawking.
Sumber :
  • Facebook/Jaime Travezan

VIVA.co.id – Semua orang mungkin sudah tahu jika pemicu kegemukan atau obesitas satu-satunya adalah makan banyak yang dipadu dengan mager atau malas gerak. Fisikawan ternama Stephen Hawking pun menyadari hal ini.

Deretan Ramalan Ilmuwan tentang Kiamat

Dalam sebuah video yang dibuat oleh perusahaan non-profit GEN-PEP asal Swedia, Hawking menjelaskan betapa obesitas telah menjadi penyakit yang pandemik di dunia yang seharusnya bisa dicegah oleh keinginan kuat dari manusia itu sendiri.

"Malas bergerak akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup besar. Ini pun menjadi kekhawatiran tersendiri bagi saya. Saat ini, banyak orang yang meninggal karena komplikasi yang terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Kita makan terlalu banyak namun malas bergerak," ujar Hawking dalam pidatonya di video tersebut.

5 Ilmuwan Tidak Percaya Tuhan, Anggap Primitif dan Takhayul

Saat berbicara mengenai solusi dari pandemik obesitas, Hawking dengan mudah menjawab jika hal ini bukanlah sebuah terobosan baru di dunia sains. Malah solusinya terkesan sangat mudah.

"Caranya sangat mudah, kita harus makan sedikit dan lebih banyak melakukan aktivitas fisik," ujar Hawking.

4 Ilmuwan Mempengaruhi Dunia, Bukan Hanya Stephen Hawking

Akhir dari video itu dituliskan beberapa hal penting yang terkait dengan anjuran berolahraga.

Tidak memiliki aktivitas fisik kini telah menjadi penyebab kematian ke-4. Selain itu dibutuhkan aktivitas fisik per hari selama 30 menit untuk orang dewasa dan sekitar 60 menit bagi anak-anak.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya