Duka Amerika Serikat Kehilangan Astronot Pertama

Astronot Amerika Serikat, John Glenn
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA.co.id – Astronot Amerika pertama yang mencapai orbit Bumi, John GLenn, meninggal dunia pada usia ke-95. Glenn meninggal di rumah sakit di Ohio, Amerika Serikat. Jasad Glenn rencananya akan dikebumikan di Airlington National Cemetery, Virginia.

NASA Pantang Mundur Jalankan Misi Spacewalk

Meninggalnya Glenn membuat publik Negeri Paman Sam bersedih. Kolega, teman, ilmuwan, politikus dan pejabat, menyampaikan duka kehilangan sosok bersejarah dalam dunia antariksa AS. Duka membanjiri Twitter dan media sosial lainnya. Salah satu yang mengucapkan duka yaitu Presiden AS Barack Obama dan Presiden AS terpilih, Donald Trump. 

Glenn tersohor, ketika ia berhasil mengelilingi Bumi pada 1962 menggunakan kapsul Friendship 7. Selama masa hidupnya, Glenn tak hanya mengurusi soal antariksa. Pada tahun 1974, ia menjadi politikus dari Partai Demokrat dan terpilih menjadi Senat AS yang ia pegang selama 24 tahun lamanya.

Untuk Pertama Kalinya Astronot Wanita Asli Amerika Mengudara ke Luar Angkasa

Bahkan, Glenn yang meraih enam penghargaan Distinguished Flying Crosses ini sempat menjadi pilot pesawat tempur dengan bertugas di Perang Dunia II dan Perang Korea, sebelum ia bergabung dengan NASA. Selama dua konflik tersebut, Glenn berhasil menjalankan 150 misi.

Bergabung dengan NASA, prestasi Glenn semakin mentereng dengan ia menjadi astronot yang meluncur di Cape Canaveral pada 20 Februari 1962. Glenn menghabiskan sekitar lima jam di luar angkasa dan mampu mengelilingi dunia tiga kali. 

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya