Studi: Monyet Punya Saluran Vokal untuk Bicara

Monyet
Sumber :
  • www.techtimes.com

VIVA.co.id – Hewan yang dicirikan paling mirip dengan manusia adalah dari ordo primata, yakni monyet.

Semut Tercepat di Dunia, Cataglyphis bombycina

Penemuan baru-baru ini oleh para peneliti dari  University of Vienna menunjukkan ternyata monyet juga memiliki saluran vokal yang digunakan untuk berbicara seperti manusia. Tapi, saluran vokal ini tidak dapat digunakan oleh monyet, sebab tidak ditemukan “kabel” yang terhubung ke otak monyet. 

"Monyet memiliki saluran vokal untuk berbicara, tapi tidak (terhubung) ke otak untuk mengendalikannya," ujar salah satu penelitinya,  Tecumseh Fitch, seperti dilansir Tech Times,  Minggu 11 Desember 2016.

Persahabatan Luar Biasa Monyet dan Kucing

Fitch menyebut,  mereka melakukan studi untuk mencari tahu apakah monyet bisa bicara atau tidak dengan melakukan X-Ray pada monyet. Dari situlah,  saluran vokal dideteksi. 

Penemuan ini sekaligus membantah prasangka gagasan lama bahwa monyet tidak bisa bicara karena tidak memiliki saluran vokal. Monyet punya saluran vokal,  tapi tidak bisa bicara karena tidak ada otak yang mengendalikannya. 
 

Peneliti Indonesia Temukan Telur Itik Tinggi Antioksidan
Detik detik Ular Membunuh Mangsanya

Sadis, Terungkap Bagaimana Detik-detik Ular Membunuh Mangsanya

Belum lama ini dipublikasikan rekaman video detik-detik saat ular menyerang mangsanya menunjukkan bahwa reptil ini adalah penyerang sekaligus pemukul dengan sesuatu.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2024