Mata Manusia Hanya Punya Satu Warna, Coklat

Ilustrasi warna mata.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Penelitian terbaru mengungkap kenyataan bahwa sejatinya manusia hanya memiliki satu warna mata, yakni coklat. Jika ada yang terlihat memiliki warna biru dan hijau, itu hanya ilusi optik.

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan ahli kesehatan mata (optometris), Dr. Gary Heiting, seperti dikutip dari Financial Times, Selasa, 20 Desember 2016.

Menurut Heiting, manusia hanya memiliki satu pigmen warna mata. Pigmen dalam tubuh manusia dideterminasi oleh sesuatu yang bernama Melanin.

Yayasan Sativa Nusantara Resmi Serahkan Policy Brief Ganja Medis

"Semua orang memiliki Melanin di selaput mata mereka. Jumlah Melanin yang dimiliki menentukan warna mata mereka. Namun tetap saja, mata manusia hanya memiliki satu jenis pigmen," ujar Heiting, yang merupakan optometris berlisensi dan juga editor senior dari situs All About Vision.

Pigmen dalam tubuh ditentukan oleh senyawa yang disebut melanin. Selaput pelangi dalam mata terbuat dari versi kecil sebuah melanin, disebut melanocytes. Melanocytes ini hanya memiliki satu warna, cokelat. 

AS dan China Rebutan Lapak di Bulan

"Orang yang memiliki mata lebih cerah memiliki sedikit melanocytes, memungkinkan cahaya lebih mudah diserap dan dipantulkan, membuat mata mereka lebih cerah dan warnanya lebih terang, seolah bukan coklat," ujar Heiting.

Pola ini disebut sebagai penyebaran. Ketika cahaya tersebar, pantulannya akan kembali ke panjang gelombang yang lebih pendek. Dalam spektrum warna, panjang gelombang cahaya yang terlalu pendek sama dengan warna biru.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya