Penguin Ternyata Gemar Makan Testis Ubur-ubur

Ilustrasi Penguin di Antartika
Sumber :
  • Twitter/@UGMYogyakarta/Nugroho Imam Setiawan

VIVA.co.id – Peneliti dari Program Antartika Nasional Prancis dan Jepang merekam aktivitas penguin di bawah es Antartika dengan memasang kamera video. Dari pengamatan itu, hal yang baru ditemukan oleh para peneliti ini, ternyata penguin Adelie memakan testis ubur-ubur.
 
Dilansir Mirror, Kamis 29 Desember 2016, peneliti Jean-Baptiste Thiebot dari National Institute of Polar Science, Jepang mengaku terkejut dengan penemuan tersebut.
 
“Ini menimbulkan pertanyaan, apakah ini perilaku baru penguin Adelie. Mungkin (kebiasaan makan testis ubur-ubur) berkembang karena mereka sulit menemukan makanan di tahun ini, kondisi laut es yang sangat tidak biasa, atau baru diketahui lewat video ini?” ujar Thiebot.
 
Maka, untuk mengetahui kebenarannya, kata Thiebot, perlu penelitian lebih lanjut untuk membandingkan seluruh spesies penguin di wilayah laut yang berbeda. Tapi, dengan pengamatan ini saja, ujar Thiebot, sejatinya sudah menjawab teka-teki makanan yang dimakan penguin di laut.
 
Namun, terkait hanya bagian testis yang dimakan, para ilmuwan meyakini kemungkinan dikarenakan kandungan karbon dan protein dari kelenjar seks ubur-ubur lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Selain memakan testis ubur-ubur, penguin juga terekam memakan krill atau sejenis udang.
 
Penelitian yang didukung badan amal konsevasi World Wide Fund for Nature (WWF) menyatakan, perubahan iklim dan persaingan potensial terhadap krill, menjadi ancaman serius bagi penguin Adelie.
 
Untuk itu, WWF menyatakan, informasi dari peneliti Prancis dan Jepang ini berfungsi di kemudian hari untuk membuat jaringan Kawasan Konservasi Laut (KKL) di sekitar Antartika, yang akan melindungi makanan penguin, anjing laut dan ikan paus.

Iran Deklarasikan Bahwa Benua Antartika Kini Milik Mereka
Ilustrasi Prajurit TNI

Terpopuler: Militer Indonesia Ditakuti Israel, Inggris Resesi, Mata Cewek Tertancap Spion Motor

Pembaca pada News VIVA, sepanjang Jumat, 16 Februari 2024, memberi perhatian lebih pada berita-berita mancanegara. Diantaranya soal kekuatan militer Indonesia dan Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2024