Liburan Sekolah Sambil Bikin Aplikasi Game

Kelas coding untuk pelajar sekolah
Sumber :
  • Indosat Ooredoo

VIVA.co.id – Indosat Ooredoo mempunyai cara tersendiri dalam mengisi liburan seru bagi anak-anak sekolah dengan kegiatan positif dan produktif, yaitu melalui kelas coding yang ditujukan bagi para pelajar SD dan SMP. Kelas coding ini diselenggarakan di masa liburan akhir tahun, mulai dari 26-30 Desember 2016 dan 2-6 Januari 2017.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

Kelas coding yang ditawarkan oleh Indosat Ooredoo ini merupakan kegiatan pelatihan membuat aplikasi game komputer dan mobile. Di kelas coding, anak-anak diajarkan cara membuat aplikasi permainan hanya dalam waktu lima hari dengan dilatih oleh pengajar berpengalaman.

Aplikasi yang dipakai kelas coding ini menggunakan aplikasi Scratch dari karya pengembang dari Masschusetts Institute of Technology (MIT) yang umum dipakai pelatihan coding di seluruh dunia.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rahman mengatakan, kelas coding juga sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia memiliki 1.000 startup lokal berkualitas pada 2020.

"Kegiatan coding juga memungkinkan anak-anak untuk melatih kemampuan matematika yang mereka miliki. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat membantu para orangtua menggali potensi yang dimiliki anak-anak mereka untuk menjadi technopreuner muda sejak dini," ujar Deva melalui keterangan tertulis, Minggu, 1 Januari 2017.

Alasan Telkomsel Belum juga Rilis eSIM

Kelas coding diselenggarakan serentak di lima kota seperti Serpong, Bogor, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Ruang-ruang kantor Indosat Ooredoo di kota tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas lainnya mulai dari layar dan WiFi untuk membuat nyaman para peserta mengikuti kelas coding. Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Coding Camp Indonesia sebagai fasilitator pelaksanaan kelas coding tersebut.

Deva mengatakan, di akhir kelas coding nanti, para peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda sudah berhasil membuat aplikasi permainan sederhana. 

Sebelum kelas coding libur akhir tahun ini, Indosat Ooredoo sudah beberapa kali mengadakan kegiatan serupa. Indosat Ooredoo mendukung beberapa komunitas di Pandeglang, Banten dan Kuningan, Jawa Barat agar anak-anak di sana dapat merasakan akses terhadap kegiatan coding. Operator berwarna kuning ini mengadakan program ini secara reguler dan berikutnya akan dikembangkan untuk di lokasi luar pulau Jawa.
 
Indosat Ooredoo berharap semakin banyak anak-anak Indonesia yang memiliki akses dan memanfaatkan kegiatan coding. Hal ini juga sejalan dengan program yang sebelumnya sudah dijalankan oleh Indosat Ooredoo seperti IWIC yang membuka kategori untuk anak-anak serta program Ideabox untuk membantu pengembangan para startup lokal Indonesia.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya