Video: Kertas Tahan Air dan Api Buatan Ilmuwan China

Ilustrasi kertas
Sumber :
  • www.ibtimes.co.uk

VIVA.co.id – Ilmuwan China membuat terobosan dalam pengembangan material baru. Tim peneliti Shanghai Institute of Ceramics China telah sukses menciptakan kertas yang tahan air dan api. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Dikutip dari Sputniknews, Rabu 25 Januari 2017, kertas ‘ajaib’ itu bisa tetap tahan dari air dan api meskipun permukaannya tergores atau secara fisik rusak. 

Kunci ketahanan kertas itu adalah penambahan bahan enamel dan tulang gigi hewan pada bahan kertas. Kepada koran South China Morning Post, ilmuwan China itu menambahkan kalsium hydroxyapatite yang ditemukan pada tulang dan gigi hewan, untuk bisa mengubah struktur kertas menjadi tahan dari air dan api. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Secara tampilan, kertas yang diciptakan ilmuwan China ini tampak sama dengan produk kertas pada umumnya. Tapi kertas buatan ilmuwan China itu memiliki permukaan yang lebih lembut. 

Dalam video ditunjukkan kertas ‘ajaib’ itu bisa tahan dari cairan kopi, jus atau teh. Kertas itu juga tahan panas sampai tingkat 200 derajat celsius. Selain itu, ilmuwan mengklaim, kertas dapat dibersihkan dengan air tanpa meninggalkan noda apa yang tertulis di atasnya. 

Wow, Siswa SMA Sulawesi Selatan Ini Suaranya Mirip Google Assistant

Dengan sifat yang tahan dari air dan api tersebut, kertas tersebut cocok untuk melestarikan dokumen penting, kaligrafi maupun gambar. Saat ini ilmuwan tersebut sedang mengajukan paten atas temuan mereka dan berharap kertas itu akan hadir di pasar dalam tiga tahun ke depan. 

Kalkulator menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Dilakukan oleh pengembang independen.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019