LIPI Berharap Banyak dari Indonesian Science Expo 2017

Indonesian Science Expo 2017
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Ajang pendidikan bertajuk Indonesian Science Expo (ISE) 2017, yang mengangkat soal riset dan ilmu pengetahuan, mulai digelar hari ini. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebagai penyelenggara, berharap ISE 2017 menelurkan karya ilmiah baru yang bermanfaat bagi banyak orang.

Indahnya Spesies Baru Anggrek Berkepala Naga, Asli dari Papua

Ketua ISE 2017, Laksana Tri Handoko menjelaskan, acara ini diharapkan menghasilkan tiga hal yakni Science for Science. Yaitu, berupa kontribusi LIPI dalam perkembangan ilmu pengetahuan melalui pembaruan teori, hasil temuan baru, dan karya tulis ilmiah yang bereputasi. Kedua, Science for Scientific Community, yaitu misi mencerdaskan bangsa lewat manfaat dari hasil riset-risetnya.

"Kalau yang ketiga yakni Science for Stakeholders. Yakni, kontribusi LIPI bagi kebijakan negara lewat hasil risetnya," kata Laksana, Kamis 2 Februari 2017.

Foto Jepretan Ani Yudhoyono dalam Buku Tanaman LIPI

ISE 2017 telah dimulai pada 2 Februari 2017 dengan serangkaian kegiatan dan lomba ilmiah. Sedangkan pameran akan diadakan pada 23 hingga 26 Oktober 2017 di Balai Kartini, Jakarta.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto. Menurut dia, ajang ISE 2017 bisa menjadi pertanggungjawaban kepada publik tentang peran dan capaian LIPI.

Meski Tak Lagi Berpredikat Daerah Khusus, Jakarta Harus Tetap Berbenah

"Penyelenggaraan ISE juga diarahkan agar meningkatkan peran pemerintah dan swasta dalam memberi dukungan sumber daya bagi pengembangan ilmu teknologi," kata Bambang.

Kegiatan acara terdiri dari pameran hasil riset yang diisi pula oleh acara science art, movie, show, games, workshop, hingga talkshow. Selain itu ada juga rutinitas seru seperti Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi, pameran industri, pameran lembaga penelitian, serta 14 konferensi ilmiah. (ren)

Sepeda motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Akademisi Bikin Motor Listrik Lokal, Begini Penampakannya

Mahasiswa dan dosen berkolaborasi dengan peniliti LIPI serta rumah modifikasi, membangun sepeda motor listrik lokal.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2021