Strategi Baru Microsoft Dongkrak Pasar PC yang Loyo

Pameran komputer di Jakarta beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVA.co.id – Pasar komputer personal atau PC global memang makin melemah. Komputer personal kini makin loyo, tergerus tren perangkat komputer mobile, smartphone dan tablet. 

Microsoft Tutup Permanen Toko Ritelnya, Ada Apa?

Khawatir dengan hal tersebut, Microsoft memiliki jurus untuk membuat pasar PC kembali naik dan bergairah pada tahun ini. Microsoft memberikan beberapa saran kepada para pembuat perangkat PC untuk fokus dalam beberapa hal. 

Dikutip dari Tech Radar, Jumat 3 Februari 2017, Microsoft membeberkan strategi kepada pembuat perangkat untuk mendongkrak pasar PC. Dokumen strategi itu disampaikan Microsoft pada konferensi WinHEC 2016 pada akhir tahun lalu, namun dokumen baru dibocorkan oleh website ZDNet. 

Meski Sederhana, Games Solitaire Mampu Bertahan Sampai 30 Tahun

Dalam dokumen presentasi itu, Microsoft mendesak pembuat perangkat untuk fokus pada desain yang keren dan menggunakan fitur Windows 10. Selama ini manufaktur perangkat lebih fokus pada performa perangkat. 

"Desain keren akan membuat produk menonjol," tulis Microsoft dalam materi presentasi tersebut. 

5 Perusahaan Besar Ini Bakal WFH Hingga Akhir Tahun

Selanjutnya, Microsoft menyarankan pembuat perangkat untuk fokus pada model PC 2 in 1, dan model yang sangat tipis. Saran ini disampaikan, sebab beberapa PC saat ini masih banyak yang terlihat dengan desain tebal. 

Perusahaan besutan Bill Gates itu juga menyarankan kepada manufaktur perangkat untuk menggunakan Precision Touchpad model Microsoft. Perusahaan manufaktur diminta untuk memerhatikan elemen penting misalnya bingkai layar dan desain engsel mewah. 

Microsoft juga memandang penggunaan software menentukan sukses larisnya produk PC. Untuk itu, Microsoft merekomendasikan pembuat perangkat untuk menyertakan fitur andalan pada Windows 10, yaitu asisten virtual Cortana dan Windows Hello untuk mengamankan login biometrik, dan Windows Ink yang membantu pengguna dalam penggunaan layar sentuh dan stylus. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya