Tips Keamanan Internet ala Security Princess Google

Parisa Tabris, Director of Engineering Google
Sumber :
  • Epochtimes

VIVA.co.id – Parisa Tabris, Director of Engineering Google Amerika berbagi tips agar aktivitas Internet semakin aman. Wanita yang dijuluki Security Princess di Google ini telah bekerja untuk keamanan informasi di perusahaan Sergey Brin itu selama hampir satu dekade.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Dalam pemaparannya tersebut, Tabriz membagi tips menjadi lima langkah agar internet lebih aman. Berikut tips yang dimaksud,

1. Selalu mencurigai bantuan yang tidak diminta/gratis

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Menurut Tabriz, banyak sekali godaan di internet termasuk iming-iming sesuatu hal atau jasa gratis hanya dengan satu kali klik. Hal itu rupanya cukup berisiko.

"Jangan tergiur dengan sesuatu yang gratis. Sama saja seperti dunia nyata. Kalau ditawarkan sesuatu secara gratis, harus diwaspadai," katanya melalui video conference kepada awak media dari Hong Kong.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

2. Jangan menggunakan kembali atau berbagi kata Sandi yang sama

"Sebenarnya ini permasalahan utama, orang-orang menggunakan password yang sama. Tantangannya bagaimana kita membuat dan mengingat password yang kuat dan unik untuk akun kita," ujar wanita yang juga mengajar di Harvard Kennedy School tersebut.

Solusinya, di Google Chrome terdapat aplikasi bernama pasword manager. Di aplikasi tersebut pengguna bisa menyimpan berbagai password yang berbeda dengan aman.

3. Jangan log in di komputer bersama dan memverifikasi pengaturan keamanan akun

"Lebih baik kita memverifikasi akun melalui SMS code. Karena hal itu lebih aman," ucapnya.

4. Mengetahui seluruh perangkat lunak atau aplikasi yang diinstal pada komputer dan ponsel anda.

"Dalam hal ini lebih baik menggunakan Google safe browsing. Karena akan bantu memutuskan hal yang berbahaya atau tidak pada komputer kita," katanya.

5. Pastikan program/aplikasi selalu up to date

"Kadang orang terlalu malas untuk mengupdate sebuah aplikasi. Padahal aplikasi itu dinamis dan perlu kita update. Di chrome ada autoupdate otomatis," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya